ARKIFM NEWS

Perkuat Basis Data, Agen PDPGR Turun Lapangan

Foto: Ahlul Afwan, S.Pi

Sumbawa Barat. Radio Arki – Sebanyak 700 agen Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) dari semua tingkatan, saat ini tengah melakukan pendataan di lingkungan peliuknya.

“Kita sudah minta agen untuk melengkapi basis data di lingkungan peliuknya. Batasnya hingga Desember 2021 ini harus sudah rampung,” kata Ahlul Afwan, S.Pi, Kabid Kelembagaan Masyarakat Sosial Budaya dan Pemberdayaan Gotong Royong, Senin (22/11).

Pendataan yang dilakukan agen PDPGR, kata Afwan, meliputi data kemiskinan, data pengangguran, hingga data penerima semua jenis bantuan, termasuk didalamnya penerima manfaat program pariri dan bariri.

“Semua didata lengkap dengan update kondisi terkini. Misalnya didalam satu rumah ada berapa orang, kepala rumah tangga pekerjaannya apa, penghasilannya berapa, kondisi lingkungannya, dan semua data data pendukung program pemerintah lainnya,” terangnya.

Hasil dari pendataan agen PDPGR, kata Afwan, akan dijadikan acuan di tahun 2022. Dari data data yang dihimpun agen juga, maka bisa diketahui dan dicarikan solusi terkait kebutuhan dasar masyarakat apa saja yang belum terpenuhi, serta prihal pengangguran dan kemiskinan.

Selain menunggu data peliuk terbaru, DPMD juga telah menyurati masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di KSB. Hal tersebut dilakukan, untuk memperkuat koordinasi lintas instansi terkait program OPD yang dalam implementasi di dilapangan melibatkan agen PDPGR.

“Kita terus memperkuat koordinasi lintas instansi, dan kedepan akan banyak kegiatan yang melibatkan agen PDPGR. Kita berharap agen tetap kompak dan semangat,” tandas Afwan. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Menag Launching PTSP dan Gema Zikir NTB

ArkiFM Friendly Radio

Pemda KSB Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H

ArkiFM Friendly Radio

Keren! Easy Passport Program Pengajuan Pasport di Masa Pandemi

ArkiFM Friendly Radio