ARKIFM NEWS

Literasi Digital Millenials Sukses Digelar di SMAN 1 Sekongkang

Sumbawa Barat. Radio Arki – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMAN 1 Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat di tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, Kepala Sekolah Sugrawati, S.Pd beserta jajarannya mengajak 66 siswa-siwa baru, mengikuti kegiatan literasi digital.

Kegiatan dalam bentuk workshop tersebut, digelar mulai tanggal 17 hingga 18 Juli 2021 dengan materi tiga modul digital yang disampaikan oleh narasumber. Didampingi oleh Ketua Komite, Kepala SMAN 1 Sekongkang yang diwakili oleh Sri Rohaya, S.S selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Setelah dibuka secara resmi, 66 siswa siswi baru selanjutnya menerima pemaparan materi dari sejumlah narasumber. Di hari pertama, Muslifa Aseani selaku Founder Komunitas Selong Blogger (Seger) membagikan modul berjudul ‘Bangun kebiasaan bahasa yang baik dan benar di dunia digital’.

Selanjutnya, peserta kegiatan juga diberikan materi kedua oleh Tim Humas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Lombok Sumbawa, Subhan Azharullah. Pemuda yang dikenal ramah itu, menyampaikan materi ‘Kenal GenPI LS Lebih Dekat’. Kemudian untuk materi terakhir, disampaikan materi modul ‘Creative Digital with Instagram (17 IGTv/Reels Ideas) oleh Nurliya N.R, selaku Digital Collaborator Kitapixel Lombok.

Foto: Peserta literasi digital milenial, tampak antusias mengikuti kegiatan.

Tak hanya menerima materi, peserta event Literasi Digital juga melakukan beberapa praktek aktifitas digital. Salah satunya yaitu, merekam keindahan sunset pantai Baha Baha Sekongkang. Sebagiannya bisa dinikmati di album highlight akun instagram Selong Blogger yang berjudul ‘Seger Betemue’.

Di hari kedua kegiatan literasi digital, siswa-siswi baru SMAN 1 Sekongkang melanjutkan dengan merekam satu aktifitas unik di Desa Tongo. Salah satu kegiatan yang direkam yaitu, proses pembuatan gula aren alami oleh Bapak Hasan dan Ibu Nurhasanah yang mengelolah 400 pohon enau di kebun miliknya untuk diproduksi mejadi gula aren.

Perekaman aktifitas unik masyarakat dilakukan, sebagai bentuk praktek langsung atas materi yang telah disamapaikan oleh narasumber. Kepala SMAN 1 Sekongkang, yang memantau kegiatan tersebut berharap siswa siswi bisa mengambil manfaat, terutama dalam hal penggunaan media sosial.

“Saya berharap, anak-anak bisa memanfaatkan gadget dan internet dengan lebih positif. Bisa mengabarkan sisi-sisi indah Sekongkang dan beragam aktifitas unik lainnya secara digital,” ujar Kepala SMAN 1 Sekongkang, Sugrawati, S.Pd.

Pelaksanaam kegiatan literasi digital dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari menjaga jarak, penggunaan masker, mencuci tangan, hingga pengecekan suhu tubuh. Acara yang digelar selama dua hari itu, bertajuk ‘Seger Betemue: Literasi Digital Millenials’.

Terselenggaranya kegiatan tersebut, berkat kerjasama program antara SMAN 1 Sekongkang dengan Komunitas Selong Blogger. Kegiatan yang menyasar siswa siswi baru itu juga didukung penuh oleh PT. Amman Mineral Nusa Tenggara, Selong Blogger Comunnity, GenPI Lombok Sumbawa dan Kitapixel Lombok. (Red)

Related posts

Kepengurusan BKPRMI KSB Mulai Dikonsolidasikan

ArkiFM Friendly Radio

Rehab Rekon 11 Rumah Warga Desa Seran Dipercepat

ArkiFM Friendly Radio

Inilah Cara Kelurahan Dalam Membangun Kesadaran Warga Terhadap Lingkungan

ArkiFM Friendly Radio