ARKIFM NEWS

Pelaksanaan Lomba Inovasi Mulai Disosialisasikan

Foto: Kepala Bappeda Litbang KSB didampingi Kabid Litbang saat mensosialisasikan lomba inovasi.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), mulai mensosialisasikan pelaksanaan lomba inovasi pelayanan daerah tingkat kabupaten tahun 2021, di Aula Bappeda Litbang KSB, Senin (1/11).

Kepala Bappeda Litbang KSB, drh. Hairul, MM didampingi Kabid Litbang Ikramawansyah, ST.,MT, menyampaikan langsung tujuan pelaksanaan, hingga mekanisme lomba yang dikhususkan untuk Organiasi Perangkat Daerah (OPD) Se- Sumbawa Barat tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala Bappeda Litbang KSB, drh. Hairul, MM mengatakan, lomba inovasi tingkat OPD yang pertama kali digelar ini, mengangkat tema “KSB baik dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik”.

“Dengan adanya lomba inovasi diharapkan budaya inovasi terus berkembang di lingkungan pemerintahan, sehingga kinerja, pelayanan publik dan daya saing daerah terus meningkat. Selain itu, percepatan pembangunan dalam mendorong kesejahteraan rakyat bisa diwujudkan,” kata Hairul.

Kegiatan sosialisasi lomba inovasi pelayanan daerah dihadiri puluhan perwakilan OPD. Peserta nampak antusias mengikuti penjelasan, terkait mekanisme dan pelaksanaan teknis lomba. Beberapa pertanyaanpun bermunculan, terkait inovasi yang sudah diterapkan di masing masing OPD apakah bisa dilombakan.

“Kita ingin OPD melombakan inovasi yang masih fresh atau inovasi baru. Karena lomba inovasi ini akan lebih banyak bicara pada tataran konsep, dan sejauh mana inovasi yang dimunculkan mampu memicu peningkatan pelayanan di OPD tersebut,” jelas Kabid Litbang, Ikramwansyah.

Inovasi yang sudah ada sekarang ini, kata Ikramawansyah, sebagian besar dalam bentuk aplikasi. Oleh karena itu, panitia berharap jika inovasinya dalam bentuk aplikasi, maka aplikasi yang digunakan atau dikembangkan nantinya merupakan buatan dalam daerah. Sehingga memudahkan penggunaan aplikasi dan perbaikan ketika terjadi trouble.

“Jika inovasinya dalam bentuk aplikasi, kita arahkan ke kominfo selaku leading sector terkait, karena sekarang sistem penyelenggaraan pemerintah berbasis elektronik,” jelasnya.

Seperti diketahui, adapun persyaratan peserta yakni, berasal dari OPD di KSB, selaras dengan tema lomba, memenuhi seluruh criteria inovasi, relevan dengan salah satu bentuk inovasi, peserta dapat mengajukan lebih dari 1 inovasi, menggunakan judul yang menggambarkan inovasi dengan memperhatikan norma dan kepantasan, inovasi yang diusulkan adalah bentuk konsep atau gagasan yang akan diimplementasikan.

Sementara bentuk inovasi pelayanan daerah yang dilombakan meliputi inovasi pelayanan public, inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi daerah lainnya sesuai bidang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. Sementara untuk tim juri lomba meliputi tim ahli inovasi daerah, akademisi dan Bappeda Litbang KSB.

Untuk jadwal pendaftarannya sudah dibuka mulai tanggal 1 hingga 10 November 2021. Selanjutnya untuk jadwal presentasi proposalnya mulai tanggal 29 hingga 3 Desember 2021. Pemenang lomba akan diumumkan tanggal 6 desember 2021 dan pembagian hadiahnya dalam bentuk uang pembinaan, piagam dan trophy akan diberikan tanggal 20 Desember 2021. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Lama Tak Beroperasi, RPH Poto Tano Mulai Potong 500 Ekor Sapi

ArkiFM Friendly Radio

Pemdes Sapugara Bree Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H

Kasus Dugaan Korupsi Mantan Kades Malaju dan Bendahara Desa Manggeasi di P21

ArkiFM Friendly Radio