ARKIFM NEWS

Dorong OPD Tertib Arsip, Dinas ARPUS KSB Siapkan Bimtek di 2022

Foto: Ir. Damini.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Kearsipan dan Perpusatakaan Daerah (Arpus) Kabupaten Sumbawa Barat, akan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Se- Sumbawa Barat di tahun 2022.

“Insyaallah akan kita gelar Bimtek Kearsipan di tahun 2022,” ujar Kepala Bidang Kearsipan, Ir. Damini kepada arkifm.com, belum lama ini.

Kegiatan Bimtek untuk semua OPD digelar, agar semua OPD lebih tertib dalam hal kearsipan. Dorongan tersebut juga, sesuai dengan Peraturan Kepala Arsip Nasional nomor 7 tahun 2017, tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA).

Gerakan yang merupakan program dari Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) tersebut, kata Darmini, bertujuan agar penyelenggaraan kearsipan dapat mendukung proses reformasi birokrasi.

“Artinya kita mendorong terciptanya tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, terpercaya, akuntabel, dan transparan di setiap OPD,” jelas Darmini.

Sejauh ini, Kearsipan di beberapa OPD ada yang relative bagus. Meski begitu, harus diakui masih ada OPD yang perlu pendampingan dan pembinaan secara berkala.

Oleh karena itu, Arpus menelurkan inovasi pelayanan kearsipan yang diberi nama gotong royong arsip. Inovasi ini tergantung bagaimana kerjasama Arpus dengan OPD terkait. Apakah pendampingannya ke Arpus, atau sebaliknya.

“Inovasi dan pendampingan yang dilakukan Arpus, tentu harus selaras dengan kemampuan pengelolah arsip di OPD terkait. Oleh karena itu kita siapkan Bimteknya, agar SDM pengelolah arsip terus meningkat,” tandasnya.

Related posts

Ormas Diminta Laporkan Kegiatannya Secara Berkala

ArkiFM Friendly Radio

Lomba Balita Sehat dan Kampanye Stop Stunting, Meriahkan HKN ke-59 di Sumbawa Barat

ArkiFM Friendly Radio

Tingkatkan Kekebalan Komunal, Binda NTB Intensifkan Vaksinasi