NEWS

Semarak Harlah KSB, Berbagai Kegiatan Digelar

Foto: Suasana Arena Pasar Rakyat. (Doc. Prokopim)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Tampak kesibukan berlangsung dari pagi hingga sore hari di komolek KTC, Rabu (17/11). Masyarakat berdatangan dari berbagai penjuru KSB hendak meramaikan berbagai event yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat.

Beberapa hari sebelumnya berbagai perlombaan berlangsung di halaman Graha Fitrah Kantor Bupati Sumbawa Barat, dan lapangan voly yang berada di Kompleks Kemutar Telu.

Pagi hari bertempat di lantai 3 Gedung Setda Pemkab. Sumbawa Barat, berlangsung technical meeting beberapa mata lomba yang akan dilaksanakan dalam event pasar rakyat Harlah KSB.

Beberapa mata lomba tersebut yaitu fashion show, lomba lagu mars KSB, shalawatan, lomba mewarnai, dan lomba bagontong.

Sementara itu, di arena utama pasar rakyat halaman Masjid Agung Darussalam berlangsung kesibukan penataan arena lokasi, desain panggung dan berbagai kesibukan lainnya untuk persiapaan pembukaan acara pada malam harinya.

Selama 5 (lima) hari dan 5 (lima) malam, arena utama halaman Masjid Agung Darussalam tampak seperti pasar malam, karena di arena tersebut akan ada beberapa lapak yang di isi oleh UMKM KSB.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda KSB Suyaman, S.S.T.P., mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan berbagai elemement masyarakat untuk berpartisipasi dalam perlombaan. Dari kalangan pelajar dan masyarakat secara umum, ikut terlibat sebagai peserta lomba maupun sebagai penonton.

“Jadi akan ada ribuan masyarakat yang datang berkunjung ke arena pasar rakyat Harlah KSB,” kata Suryaman.

Hal terpenting dalam penyelenggaraan pasar rakyat tersebut, kata Suryaman, dimana masyarakat dapat terhibur, ekonomi masyarakat tetap tumbuh dan tetap memperhatikan protokol Covid-19.

“Jadi hiburan ditengah pandemi, sekaligus juga mendorong pertumbuhan ekonomi melalui UMKM,” katanya.

Dalam laporan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah, ST., M.Si mengatakan, di arena kegiatan saat ini terdapat 31 UMKM yang turut berpartisipasi meramaikan kegiatan.

“Jadi masyarakat bisa nonton sambil berbelanja,” tutur Sekda.

Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan pasar rakyat dengan tema Bakedek Petang Bulan Buntar.

Menurut Bupati, penyelenggaraan kegiatan dengan mengambil tema tersebut cukup inovatif. Meskipun sederhana, tetapi cukup memberikan nuansa berbeda, seperti masa tempo dulu.

“Jika sebelumnya Harlah KSB selalu dimeriahkan dengan festival Taliwang, maka tahun ini dengan konsep yang berbeda,” tukasnya. (Rls. Radio Arki)

Related posts

Diinisiasi Kodim KSB, Wabup Beri Apresiasi Deklarasi Pemilu Damai 2024

ArkiFM Friendly Radio

Kapal Cepat Di Dermaga Labu Lalar Berhenti Beroperasi

Terapkan Pelayanan ‘Jemput Bola’, Disdukcapil ke Sekolah Sekolah

ArkiFM Friendly Radio