NEWS

TTG 2020 Sukses Digelar, Begini Perbedaan Dengan Tahun Sebelumnya

Sumbawa Barat. Radio Arki – Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) ke XVIII tahun 2020 yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) di SMK Negeri I Taliwang, Sabtu (21/3) lalu, berjalan dengan lancar dan sukses.

Ada beberapa perbedaan pada gelaran TTG kali ini dengan TTG tahun 2019. Dijelaskan Kepala DPMDes, Drs. Mulyadi, bahwa beberapa perbedaan TTG kali ini adalah terdapat 36 penemuan atau inovasi yang cukup baik.

“Pada TTG tahun 2019 lalu penemuan Cuma delapan saja, tetapi tahun ini lebih banyak,” kata Mulyadi saat dimintai keterangan di Taliwang, Rabu (1/4/2020).

masing desa seperti mesin pembuatan tusuk sate, mesin cetakan pot jerami, hendsenitizer alami, mesin perontok jagung yang telah digunakan oleh Kabupaten Bima dan Dompu,dan inovasi untuk merubah plastic menjadi paving blok dan berbagai produk lainnya.

“Perkembangan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita masyarakat KSB, sehingga dapat meningkatkan hasil produksi di desa,” jelasnya.

TTG merupakan salah satu cara ataupun pendekatan yang baik untuk mewujudkan kemandirian masyarakat desa di KSB, tentunya melalui penemuan-penemuan yang inovatif yang mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi pedesaan.

“Sesuai dengan harapan Bupati KSB, inovasi yang ditampilkan dalam TTG tidak hanya dalam bentuk alat atau mesin tetapi juga dapat berupa teknologi proses atau produk yang tentunya dapat menghasilkan nilai tambah baik dari bidang ekonomi dan lingkungan,” katanya.

Ia berharap semoga TTG selanjutnya akan semakin banyak inovasi-inovasi desa yang bermanfaat dan dapat mensejahterakan masyarakat itu sendiri. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Desa Persiapan Lamunga Diproyeksikan Definitif Tahun Ini

PDHI Diminta Bantu Pemerintah Bebaskan Wabah Rabies Di Pulau Sumbawa

ArkiFM Friendly Radio

Bulan Oktober 2016, Kapal Cepat Jalur Dermaga Labu lalar Dioperasikan

ArkiFM Friendly Radio