ARKIFM NEWS

Gotong Royong Hantarkan Bupati KSB Raih Anugerah Kebudayaan di HPN Kendari

Kendari. Radio Arki – Bupati Sumbawa Barat (KSB), HW Musyafirin menjadi salah satu penerima Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK-PWI) di puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang dilaksanakan di pelataran Masjid Al Alam, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu (9/2).

Tampil menggunakan baju adat KSB, Bupati Musyafirin, menerima trofi Abyakta – trofi AK-PWI dihadapan Presiden  RI, Joko Widodo yang menyaksikan secara virtual dari Istana Bogor, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, Ketua PWI Pusat Attal S Depari, Ketua MPR Bambang Soesatyo, para duta besar negara sahabat, para gubernur, bupati dan walikota dan insan pers dari se-Indonesia serta ratusan tamu undangan lainnya.

HW Musyafirin terpilih sebagai salah satu dari 9 bupati / walikota penerima AK-PWI setelah melalui proses panjang, pengusulan dan penilaian proposal pada September 2021, presentasi dihadapan tim dewan juri pada 15-16 Desember 2021 di Jakarta dengan judul Proposal ‘Pemberdayaan gotong royong (Siru’) Menangkan Kesehatan dan Kemanusiaan di Kabupaten Sumbawa Barat’.

Ketua PWI Pusat, Atal S Depari mengatakan, Anugerah Kebudayaan adalah bentuk apresiasi PWI kepada bupati/wali kota yang konsisten melestarikan kebudayaan “Pers sebagai pilar ke empat demokrasi bertugas mengawas berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, termasuk dalam hal pelestarian kebudayaan,” katanya.

Atal menyebut, sembilan bupati/wali kota penerima Anugerah Kebudayaan pada HPN 2022 ini adalah mereka konsisten dalam mewiriskan budaya bangsa. Unesco sendiri menyebut, Indonesia adalah negara super power kebudayaan. “Inilah yang melatar belakangi lahirnya Anugerah Kebudayaan untuk bupati/wali kota,” tambahnya.

Sementara Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh, menyatakan 9 orang bupati / walikota penerima Anugerah Kebudayaan adalah yang terbaik (the best) yang punya komitmen kuat dan upaya kongkrit dalam pelestarian dan menjadikan kebudayaan sebagai kekuatan dalam membangun daerah mereka.

 Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin, mengatakan, Anugerah Kebudayaan yang berhasil diraih Sumbawa Barat pada puncak HPN 2022 di Kendari merupakan prestasi semua masyarakat Sumbawa Barat. Dengan gotong royong sebagai budaya bangsa, Kabupaten Sumbawa Barat mampu meraih berbagai capain luar biasa disegala bidang pembangunan.

“Budaya gotong royong merupakan roh pembangunan segala lini di Sumbawa Barat. Gotong royong kita perkuat dengan lahirnya Perda Nomor 3 Tahun 2016 sebagaiman dirubah menjadi Perda Nomor 1 Tahun 2021 tentang Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR),” katanya, dalam presentasi di kegiatan dialog kebudayaan yang digelar di aula RRI Kendari.

Bupati berharap PDPGR yang dilaksanakan di Sumbawa Barat bisa direplikasikan menjadi Program Nasional Pemberdayaan Gotong Royong (PNPGR). “Gotong Royong adalah roh bangsa kita, itu sesuai semangat dari proklamator sekaligus Presiden pertama Indonesia, Soekarno,” tambahnya.(*)

Related posts

Danrem Apresiasi Kekompakan TNI dan Rakyat Dalam TMMD di KSB

ArkiFM Friendly Radio

Kabupaten Sumbawa Barat Dapat Program BSPS Startegis Tahun 2018

ArkiFM Friendly Radio

Maksimalkan Pemeliharaan, Dishub Siapkan 2.000 Meter Kabel PJU

ArkiFM Friendly Radio