ARKIFM NEWS

Calon Jamaah Haji Sumbawa Barat Sudah Mulai ‘Manasik Haji’

“Calon jamaah haji harus memiliki pengetahuan standar dalam tata cara manasik haji. Selain itu para tamu Allah itu juga mendapat bimbingan khususnya dalam setiap proses melaksanakan ibadah haji nanti.”

Sumbawa Barat. Radio Arki- Calon Jamaah haji se-Indonesia sudah akan berangkat pada akhir bulan Juli 2017 mendatang. Proses rukun islam yang kelima tersebut akan dilakukan secara bergelombang atau sesuai dengan embarkasi masing-masing. Berbagai kesiapan pun harus dilakukan oleh Tamu Allah ini, termasuk belajar tentang bagaimana tata cara manasik haji yang benar.

Pantaun langsung wartawan media ini, Jumat (14/7) siang tadi, sejumlah calon jamaah haji telah mulai mempraktekkan tata cara manasik haji nantinya di Mekkah. Latihan itu dilakukan di lapangan alun alun kota Taliwang. Dalam kesempatan itu, seluruh calon jamaah haji mempraktek seluruh rangkaian ibadah haji, termasuk bagaimana menggunakan pakain ihram dan juga melakukan tawaf di Mekkah.

Kepala Kantor Departemen Agama Sumbawa Barat, H.Syarifuddin, mengatakan bahwa, proses latihan itu adalah bagian dari proses yang harus dipelajari oleh calon jamaah haji. Selain itu, dalam kesempatan tersebut sejumlah jamaah haji tersebut juga langsung dibimbing oleh petugas yang sudah ditunjuk oleh departemen agama.

“iya ini adalah bagian dari latihan, termasuk kita juga praktekkan kemungkinan cuacanya atau kondisinya. Makanya kita latihan tawafnya siang hari, agar calon jamaah haji dapat menyesuaikan atau latihan kondisi fisiknya nanti di saat menjalan rangkaian ibadah haji di Mekkah.” Terangnya.

“setiap calon jamaah sebenarnya sudah pernah dilatih di kecamatan masing-masing. Dan latihan ini adalah latihan bersama sekaligus mempraktek pola perjalanan dengan pembimbing yang ada.” Imbuhnya.

Untuk tahun 2017 ini, ada 84 orang calon jamaah haji bagi Sumbawa Barat. jumlah tersebut adalah jumlah urutan yang telah disesuaikan dengan daftar urut pembayaran untuk keberangkatan.

“Jumlah itu tidak jauh dengan jumlah tahun lalu yang mencapai 90-an orang. Dan semuanya alhamdulillah sehat sehingga dapat mengikuti semua tahapan ibadah haji. Jadi kita harapkan untku tahun ini juga semua calon jamaah jai kita sehat dan dapat mengikuti semua rangkaian ibadah haji yang telah dirukunkan.” Demikian, Syarifuddin. (Unang Silatang. Radio Arki)

 

Related posts

Bung Ahay Bicara Soal ‘Serangan Tujuh Hari Tujuh Malam’

ArkiFM Friendly Radio

Ada Indikasi Ekspansi 50 Karyawan Luar KSB Di Subkontraktor Batu Hijau

ArkiFM Friendly Radio

Bulog Diminta Maksimal Turun Lapangan Serap Gabah Petani

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment