ARKIFM NEWS

Launching SRIKANDI Masih Menunggu Arahan Pusat

Foto: Kadis ARPUS KSB, Ir. Abdul Muis, MM

Sumbawa Barat. Radio Arki – Rencana melaunching penerapan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), masih menunggu arahan lebih lanjut dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

“Kemarin kita merencanakan launching SRIKANDI di Hari Ulang Tahun KSB ke 19, pada tanggal 20 November 2022 mendatang. Namun itu juga bisa berubah, karena kita sedang menunggu jawaban dan arahan dari pusat (ANRI, red),” ujar Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan KSB, Ir. Abdul Muis, MM, Selasa (8/11).

Sebelumnya kata Muis, ARPUS KSB diberikan masukan oleh ANRI agar menyiapkan SDM di masing masing Organisasi Perangkat Daeah (OPD) dengan baik. Dan itu kita jawab dengan digelarnya Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan arsip aktif beberapa waktu lalu.

“Hasilnya cukup baik, namun masih ada beberapa hal yang perlu dikuatkan lagi insyaallah nanti di Bimtek kedua. Karena nanti kita inginnya setelah launching betul betul bisa diterapkan di setiap OPD. Minimal 5 OPD bisa mengawali dan yang lain mengikuti, sembari terus didampingi dan dievaluasi,” terang Muis.   

Kendati masih menunggu arahan lebih lanjut dari ANRI, ARPUS KSB terus menggodok persiapan penerapan SRIKANDI, karena KSB satu satunya daerah di NTB yang memenuhi syarat jika dilihat dalam aspek regulasi (Perbup, red).

“Sebenarnya di NTB ini hanya KSB yang memenuhi syarat. Jadi kalaupun kita seremonikan di HUT KSB, itu sebenarnya bisa bisa saja. Tapi kan kita ingin semuanya sudah betul betul siap dengan SDM yang mumpuni. Jangan sekedar wah di permukaan tapi tidak ada tindak lanjut,” tegas Abdul Muis. (Enk. Radio Arki).

Related posts

19 Jam Tenggelam, Korban Akhirnya Ditemukan

ArkiFM Friendly Radio

H – 1 Pencoblosan, Logistik 193 TPS di KSB Didistribusikan

ArkiFM Friendly Radio

Lakukan Penganiayaan, Tiga ABG di Taliwang Diringkus

ArkiFM Friendly Radio