ARKIFM NEWS

KADOKUSEHATI, Inovasi Pelayanan di DUKCAPIL KSB

Foto: Salah satu penerapan layanan KADOKUSEHATI.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus berinovasi dalam pelayanan. Salah satu pelayanan yang telah berjalan yaitu, Kantongi Dokumen Baru Sejak Hari Pengantin (KADOKUSEHATI).

“Dalam percepatan pelayanan dan mempermudah pengurusan Adminduk untuk para pengantin, pihaknya melakukan terobosan yang diberi nama KADOKUSEHATI,” ujar Sekretaris Dukcapil KSB, Hj. Lenny Topani, S.Pd., MM, belum lama ini. 

Dalam penerapan KADOKUSEHATI, DUKCAPIL bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) dalam pengurusan administrasi. Jadi setiap pengantin yang akan mengurus administrasi di KUA, secara otomatis akan mengurus langsung Adminduknya.

“Pengantin akan mendapat buku nikah, sekaligus mendapatkan Kartu Keluarga baru dan KTP baru dengan status baru,” jelasnya.

Disebutkan bahwa, Inovasi KADOKUSEHATI sudah berjalan sejak Januari 2022. Berawal kerjasama dengan Kecamatan Taliwang sebagai contoh. Ternyata inovasi ini disambut baik oleh masyarakat, sehingga saat ini diterapkan di semua wilayah KSB.

“Tantangan kami saat ini adalah di pegawainya yang harus bekerja keras. Namun alhamdulillah kami tetap berusaha melakukan pelayanan terbaik,” tuturnya.

Latar belakang Inovasi ini diciptakan kata Lenny, karena urusan menikah merupakan urusan yang besar bagi pengantin. Sebab banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari urusan administrasi, persiapan nikah hingga resepsi.

Tidak jarang jika sudah selesai acaranya pengurusan Adminduknya sering diabaikan karena tenaganya terkuras untuk mempersiapkan acaranya. Bahkan ada juga yang sampai berbulan bulan tidak mengubah KK dan KTP-nya.

“Dengan adanya program ini, kami sangat berharap bisa mempermudah para pengantin untuk mendapatkan KK dan KTP baru supaya tertib administrasinya,” tandasnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Jalur Tracking Wisata Gunung Rinjani Mulai Dibuka

ArkiFM Friendly Radio

Iklan KSB: Selamat Hari Bhayangkara ke 74

ArkiFM Friendly Radio

SBSI Trakindo: Proses Verifikasi Karyawan Harus Cepat

ArkiFM Friendly Radio