ARKIFM NEWS

Dukcapil Layani Disabilitas di Desa Tuananga

Foto: Tim dari Dukcapil KSB saat melakukan pelayanan disabilitas ke rumahnya.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), melakukan pelayanan untuk penyandang disabilitas dengan langsung turun ke lapangan. Pelayanan ‘door to door’ ini dilakukan di beberapa Desa yang ada di Sumbawa Barat.

“Kita terus berkoordinasi dengan Pemerintah Desa, untuk membantu warga kita yang memiliki keterbatasan fisik dan mental, bagi yang belum memiliki identitas untuk kita fasilitasi dengan langsung mendatanginya,” kata Sekretaris Dukcapil KSB, Hj. Lenny Tovani, S.Pd.,MM, belum lama ini.

Pelayanan dengan langsung mendatangi rumah sasaran, kata Hj. Lenny, sebagai bagian dari memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan untuk mengurus langsung di Kantor Dukcapil.

“Jadi kita lakukan perekaman langsung ke rumah sasaran untuk dibuatkan identitas berupa KTP. Kali ini di Desa Tuanaga, dimana masyarakat penyandang disabilitas dan lansia direkam langsung di rumahnya, tentunya dengan menyesuaikan dengan kondisi mereka,” jelas dia.

Pelayanan dengan mendatangi langsung sasaran, sambung dia, mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat dan aparatur desa. Apalagi desa yang akseanya cukup jauh dari pusat pemerintahan kabupaten.

“Alhamdulillah responnya baik dan masyarakat sangat terbantukan. Meski kadang peralatan sedikit mengalami gangguan, namun kami upayakan pelayanan bisa diselesaikan. Bahkan, hingga dicetak KTPnya bisa diantarkan langsung kepada masyarakat,” tandas Hj. Lenny Tovani. (Enk. Radio Arki)

Related posts

KTT IORA, RI Buka Kerjasama dengan 5 Negara Ini

Anggaran Hibah Rp 50 Juta Posyandu Gotong Royong, Kabid H. Ropingi: Tidak Boleh Buat Gedung!

ArkiFM Friendly Radio

ArkiFM Friendly Radio