ARKIFM NEWS

Musyafirin: LATS Harus Menjaga Kemurnian Adat Istiadat

Foto: Dr. Ir. H. W. Musyafirin., MM saat menyampaikan sambutannya.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Deapati Koasa Ling Anorawi yang juga Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin., MM, menekankan kepada pengurus dan anggota Lembaga Adat Tanah Samawa (LATS) untuk menjaga kemurnian adat istiadat.

“Tugas utama dari LATS adalah, bagaimana agar Adat Istiadat ini dapat kita bangun dan kita pertahankan kemurniannya,” kata musyafirin, dalam Mudzakara LATS Kamutar Telu Kabupaten Sumbawa Barat, di Hanipati Resto, Selasa (15/11).

Ia mengungkapkan, saat ini di tengah tengah masyarakat  sudah terjadi perubahan drastis terhadap tingkah laku anak terhadap orang tua. Itu salah satu contoh bahwa tugas LATS Kamutar Telu Kabupaten Sumbawa Barat itu berat.

“Bagaimana agar kondisi seperti ini bisa diperhatikan dan diberi solusi di dalam kehjidupan bermasyarakat,” harap dia.

Didalam  bermasyarakat, sambung dia, suku Samawa dikenal dengan pegangan masyarakat Suku Sumbawa yakni, ‘Adat Barenti Ko Syara Syara Barenti Ko Kitabullah’. “Dari pegangan tersebut, saya menaruh harapan besar terhadap perbaikan adat ini kepada LATS,” imbuh dia.

Senada dengan Deapati Koasa Ling Anorawi, Sultan Sumbawa Muhammad Kaharuddin IV dalam penyampaian Manik Kamutar mempertegas bagaimana posisi Suku Samawa dalam percaturan Global.

“Yang penting yang harus diperhatikan oleh masyarakat Suku Sumbawa adalah, agar bagaimana Dignity (harga diri) masyarakat tau tana samawa harus dijaga, karena itu merupakan kekuatan vital masyarakat Sumbawa dimanapun berada,” tukas Sultan Sumbawa. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Tingkat Kesadaran Mengurus IMB Warga KSB Sangat Rendah

Disnaker KSB: PHK Di PT Nawakara Dan PT Trakindo Jalan Terakhir

ArkiFM Friendly Radio

BRIDA KSB Gelar Seminar Diseminasi Anugerah Inovasi 2023

ArkiFM Friendly Radio