ARKIFM NEWS

Bunda Literasi di KSB Bantu Kuatkan Literasi Keluarga

Foto: Kadis Arpus KSB, Ir. Abdul Muis, MM

Sumbawa Barat. Radio Arki – Keberadaan bunda literasi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan bantu menguatkan literasi keluarga. Ketika literasi di tingkat keluarga sudah membudaya, maka akan menjadi contoh bagi anggota keluarga untuk mengikuti hal tersebut.

“Bangsa yang besar selalu berawal dari keluarga-keluarga yang berkualitas. Bunda Literasi hadir sebagai salah satu pion yang dapat menjadi penggerak masyarakat dalam menjaga semangat literasi,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) KSB, Ir. Abdul Muis, MM kepada arkifm.com, usai kegiatan bersama bunda literasi, Jumat (2/12).

Keberadaan bunda literasi yang baru dikukuhkan bulan lalu bersama bunda literasi di Pulau Lombok, kata Dia, merupakan pejabat atau istri-istri dari pejabat daerah yang akan menjalankan tugas mulai dari memberi pertimbangan dalam penentuan kebijakan berkaitan dengan kegiatan literasi, bekerjasama dengan berbagai pihak dalam meningkatkan kegiatan literasi, hingga melaksanakan sosialisasi literasi kepada masyarakat.

Foto: Tampak peserta antusias mengikuti kegiatan bunda literasi, di halaman Kantor Dinas Arpus KSB, Kamis (1/12).

“Bunda Literasi juga dapat memberikan edukasi mengenai kegemaran literasi dan melaksanakan berbagai fungsinya, karena memiliki posisi yang strategis sebagai motor penggerak agar budaya literasi ini difahami dan dilaksanakan mulai dari lingkungan keluarga hingga masyarakat,” tutur Muis.

Ia menambahkan, jika bunda literasi bisa bergerak secara optimal dengan berbagai inovasinya, ditambah lagi dengan Arpus melalui program program strategisnya dalam meningkatkan minat baca terus digiatkan, maka indeks baca di Sumbawa Barat bisa meningkat.

“Hal yang paling sederhana, jika budaya literasi kita mulai dari rumah, seperti kegiatan bunda literasi yang melibatkan ibu ibu dari berbagai instasi, sekolah dan organisasi tersebut, maka yakinlah anak anak kita akan memiliki kegemaran dalam membaca. Ketika gemar membaca menjadi sebuah kebiasaan, maka insyaallah karakter anak mengikuti,” tukas Muis, optimis.

Seperti diketahui, kegiatan bunda literasi dengan tema besar “Kita Kuatkan Literasi Keluarga, Untuk Membentuk Karakter Anak” digelar di Halaman Kantor Arpus KSB, Kamis pagi (1/12). Beberapa narasumber yang dilibatkan mulai dari perwakilan Dikbud KSB, perwakilan RSUD Asy Syifa’ Sumbawa Barat, hingga Dokter Spesialis Jiwa. (Enk. Radio Arki)

Related posts

‘LALA JINIS’  Mulai Kampanyekan Hidup Sehat

ArkiFM Friendly Radio

232 PPPK di Sumbawa Barat Kantongi SK

ArkiFM Friendly Radio

10 Orang Nakes di RSUD Asy Syifa Kontak Erat dengan Pasien Positif Covid-19

ArkiFM Friendly Radio