ARKIFM NEWS

Gelar Bimtek SRIKANDI, Kadis ARPUS KSB: Kita Pastikan OPD Siap 

Foto: Sekda, Kadis ARPUS KSB dan Kabid Kearsipan saat pose bersama peserta Bimtek.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI), di Ruang Sidang Setda KSB, mulali 30 November hingga 1 Desember 2022.

Ditemuai di ruang kerjanya usai kegiatan Bimtek, Jumat (2/12), Kepala Dinas ARPUS KSB, Ir. Abdul Muis, MM mengatakan, kegiatan Bimtek SRIKANDI dilaksanakan, guna memastikan Sumber Daya Manusia (SDM) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah sangat siap. “Kita ingin memastikan OPD ini siap, baik secara aturan, teori maupun secara teknis,” urai Abdul Muis.

Abdul Muis menerangkan, penerapan aplikasi SRIKANDI di Sumbawa Barat seyogyanya dilaunching bulan November, bertepatan dengan Hari Lahir KSB ke-19 tahun. Namun berdasarkan masukan dan arahan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), KSB diminta betul betul menyiapkan semuanya dengan baik. Untuk itulah kegiatan Bimtek dilaksanakan.

“Jadi kemarin dalam bimtek langsung kita simulasikan dengan admin kabupaten dan admin OPD, Kecamatan dan RSUD. Kita lihat langsung admin admin ini sejauh mana memahami aturan aturan kearsipan dan kemampuan menggunakan aplikasi SRIKANDI. Jadi harus lengkap kapasitasnya,” terang Abdul Muis.

Sementara itu, Sekretaris Daerah KSB, Amar Nurmansyah, ST.,M.Si berharap, dengan penerapan Aplikasi SRIKANDI yang rencananya di awal tahun 2023 tersebut, bisa memberikan dampak peningkatan nilai nilai pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang biasa disebut dengan e-government.

“Penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi seperti SRIKANDI ini, nantinya bisa meningkatkan nilai nilai SPBE di KSB. Ini tentu bisa kita wujudkan, manakala kita memiliki kemampuan yang seragam dalam menerapkan system kearsipan ini,” tandas Sekretaris Daerah.

Seperti diketahui, kegiatan Bimtek diikuti oleh 40an peserta yang merupakan admin dari masing masing OPD, Pemerintah Kecamatan dan RSUD Asy Syifa’. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu, melibatkan narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) KSB dan narasumber dari ARPUS KSB.

Sebagai tambahan, Aplikasi SRIKANDI merupakan kolaborasi dari 4 kementerian dan lembaga negara, diantara KemenPANRB, Kemen KOMINFO, ANRI dan BSSN. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Aduan Ketenagakerjaan Tetap Diterima Dimasa Covid-19

ArkiFM Friendly Radio

Pemdes Tepas Sepakat Siapkan Seragam Gratis Untuk Siswa PAUD

ArkiFM Friendly Radio

Tolak Penertiban, Seorang Pedagang Siap Ditembak

ArkiFM Friendly Radio