ARKIFM NEWS

Amar: Hibah Fisik Untuk Masjid Hampir 1 Milliar Setiap Tahunnya

Foto: Sekda KSB, Amar Nurmansyah.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), selalu rutin mengalokasikan dana melalui APBD untuk membantu masjid. Setiap tahunnya, hampir 1 Milliar dana yang digelontorkan untuk hibah.

“Setiap tahun untuk hibah khusus fisik masjid, selalu dianggarkan dengan anggaran hampir mencapai 1 Milyar,” ungkap Sekretaris Daerah KSB, Amar Nurmansyah, ST.,M.Si, pada kegiatan Musda DMI KSB di Ponpes Al Ikhlas, Selasa (6/12).

Pemberian hibah, kata Sekda, sebagai salah satu bentuk perhatian Pemerintah Daerah kepada Masjid yang ada di Sumbawa Barat. 

Tidak hanya itu, melalui instrumen lainnya seperti Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), juga terdapat sub hibah ke masjid.

“Seperti penataan fisik bangunan masjid, halaman, sanitasi, temat wudhu. Ini tetap selalu diusahakan setiap tahunnya. Cuma mungkin belum terformulasi dengan baik, dan belum maksimal,” beber Sekda.

Demikian juga program kesejahteraan pengurus masjid yang di supoort melalui baznas KSB. Ada juga mandatori melalui dana desa untuk kesejahteraan pengurus masjid marbot tingkat Desa.

“insyaAllah, jika bisa kita rasionalkan, apapun yang menjadi program masjid ini, pasti banyak yang akan memberikan bantuan,” jelas Sekda. 

Dijelaskan, Pemda KSB bersama Pengurus Daerah Masyarakat Ekonomi Syariah, saat ini tengah berupaya memerangi Bank rontok. Tahun depan rencananya masing-masing kecamatan akan ada koperasi syariah dan akan disupport masing-masing 100 jt.

“Ada juga program membangkitkan kembali koperasi berbasis RT. InsyaAllah tahun depan harapannya akan ada berbasis masjid. InsyAllah peluang berkolaborasi sangat besar untuk membangun kesejahteraan para pengurus Masjid,” tandas Sekda. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Teman ‘Makan’ Teman, HP ‘Melayang’

ArkiFM Friendly Radio

Jaksa Berikan Pendampingan Administrasi dan Pembangunan di Desa Mura

ArkiFM Friendly Radio

Peserta BPJS Jalur Mandiri Di Sumbawa Barat Masih Banyak Menunggak

ArkiFM Friendly Radio