ARKIFM

Kadistan KSB: Sawah Terendam Banjir di Seteluk Telah Diasuransikan

Sumbawa Barat. Radio Arki – Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Ir Muhammad Saleh menyampaikan bahwa, dirinya telah melakukan pemantauan ke beberapa areal sawah petani yang terdampak Banjir beberapa waktu lalu di Desa Seran, Seteluk.

Kadistan menyampaikan bahwa sawag petani yang melakukan penanam pada bulan November dan Desember telah diasuransikan.

“Alhamdulillah, sawah yang terdampak banjir kemarin untuk wilayah Seran dan Seteluk Atas telah masuk asuransi,” katanya, saat pembagian bibit padi, di Aula Kantor Camat Seteluk, Kamis (9/3).

Dijelaskan, luas daerah tanam secara keseluruhan pada musim tanam pertama seluas 9.875 hektar, dan luas tanam pada kecamatan Seteluk seluas 2.594 Hektar. Sementara yang sudah melakukan panen saat ini adalah wilayah Brang Ene yaitu desa Mujahidin, Desa Menemeng dan Desa Kalimantong.

Hal lain yang sedang diproses yaitu terkait pengajuan Asuransi Usaha Pertanian (AUTP), dimana untuk KSB telah didaftarkan 5.000 hektar.

Sementara yang terdampak saat banjir 13, 14 Februari setelah kami coba keliling, kami melaporkan ke Propinsi seluas 858,87 hektar.

“Hasil pennjauan kami juga, menemukan masalah di Sapugara Bree, Meraran dan Sampir yang terendam air dan puso seluas 348,93 hektar,” tambahnya.

Kemudian akibat bencana banjir kemarin, berkat laporan, KSB dibantu oleh Badan Standardisasi Insrtument Pertanian berupa bibit padi.

“Untuk oani terdampak banjir, kita diberikan 1,5 Ton benih padi,” tukas Kadistan KSB. (Enk. Radio Arki)

Related posts

30 Ribu Warga Sumbawa Barat Terdampak Banjir

ArkiFM Friendly Radio

Wabup Berharap Tradisi ‘Sandeka Dilao’ Terus Dipelihara Sebagai Perekat Persatuan

ArkiFM Friendly Radio

Dana Hibah KONI Dinilai Berpotensi Menjerat Kepala Daerah di NTB

ArkiFM Friendly Radio