ARKIFM

65 Peserta Ikuti Bimtek Karya Tulis Ilmiah

Sumbawa Barat. Radio Arki – Sebanyak 65 peserta mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan karya tulis ilmiah yang digelar oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), di Ruang Sidang Setda KSB, Kamis (9/3).

Peserta bimtek karya tulis ilmiah terdiri dari para guru dan kepala sekolah, baik dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menegah Atas (SMA) yang ada di KSB.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan BRIDA KSB, Irfandi, S.IP mengatakan, kegiatan bimtek dilaksanakan lantaran masih adanya kendala yang dihadapi oleh peneliti dalam menyusun karya tulis ilmiah. 

“Peneliti masih terkendala dalam menemukan ide atau topik tulisan, bingung karena minim referensi, tidak tahu menulis dari mana, tidak tahu tahapan membuat karya tulis, hingga tidak ada pihak yang bisa dijadikan tempat bertanya,” ungkapnya.

Untuk itu, melalui bimtek karya tulis ilmiah ini, diharapkan dapat meniningkatkan wawasan, pengetahuan, kemampuan dan budaya meneliti di kalangan guru.

“Ketika kemampuan meningkat, maka secara kualitas dan kuantitas guru mampu menghasilkan karya ilmiah yang meningkat pula,” terangnya.

Selain menggelar Bimtek yang diikuti oleh puluhan guru, Brida KSB melalui Bidang Litbang sebelumnya juga telah membuka klinik penelitian. Melalui klinik penelitian, peneliti bisa datang berkonsultasi langsung dengan tenaga ahli penelitian.

“Kita sangat membuka diri untuk peneliti bisa datang berkonsultasi. Baik itu ketika baru memulai penelitian, maupun ketika mendapat kendala saat menyusun karya tulis ilmiah,” jelasnya.

Untuk diketahui, dalam Bimtek karya tulis ilmiah kali ini melibatkan dua narasumber yakni, Rizka Doni Agung Saputra, M.Pd (Dosen Universitas Cordova) dan Tilal Alfian, M.Pd (Tenaga Ahli Penelitian). (Enk. Radio Arki)

Related posts

Bahas Pemanfaatan Internet, Ratusan Peserta Mengikuti Seminar Merajut Nusantara

ArkiFM Friendly Radio

DPRD KSB Diminta Tegas Dukung Tambang Samoan

ArkiFM Friendly Radio

Kunjungi Lombok, Kepala BNPB RI Ingatkan Potensi Bencana

ArkiFM Friendly Radio
error: Content is protected !!