ARKIFM

Tidak Penuhi Target, Ketua KONI KSB Sampaikan Permohonan Maaf

Sumbawa Barat. Radio Arki–Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI) Sumbawa Barat menargetkan meraih peringkat ke 4 dalam Porprov 2023. Namun berbagai kendala pra Porprop membuat KONI KSB harus puas dengan raihan peringkat ke 8.

Ketua KONI Sumbawa Barat, Andy Laweng SH., MH menyampaikan permohonan maaf kepada Bupati Sumbawa Barat dan seluruh masyarakat, karena Kontingen KONI KSB belum mampu mencapai target 4 besar dengan hanya finish di urutan ke 8 dari 10 kabupaten/kota se-NTB pada ajang Porprop XI NTB 2023.

Target 4 besar ini ungkap Andy Laweng, bukan keinginan sepihak dari KONI Sumbawa Barat, tetapi hasil diskusi dengan semua cabang olahraga yang ditindaklanjuti oleh cabang olahraga dengan membuat surat pernyataan target medali, serta memperhatikan proyeksi peringkat dari raihan medali pada Porprop sebelumnya.

Setelah melakukan evaluasi, Andy menyebutkan terdapat beberapa kondisi baik secara teknis maupun non teknis yang menyebabkan target tersebut tidak tercapai.

Di antaranya, belum adanya fasilitas olahraga memadai yang dapat digunakan oleh sejumlah cabor, sehingga beberapa cabang olahraga yang berlaga di Porprop XI tidak bisa meraih prestasi sesuai yang ditargetkan.

Baca Juga  Pendatang Baru Melejit, Para Jawara Tumbang 

Kemudian, pemusatan latihan yang telah direncanakan selama 4 bulan pada tahun 2022, terhenti karena adanya keputusan KONI NTB yang memundurkan pelaksanaan Porprop XI pada tahun 2023. Sehingga rencana program latihan yang telah dirancang oleh semua cabang olahraga tidak terlaksana.

Pemusatan latihan kembali dilaksanakan pada Januari 2023 setelah adanya surat KONI NTB terkait kepastian pelaksanaan Porprop pada Pebruari 2023. Praktis Pemusatan Latihan Daerah KSB hanya terlaksana efektif tidak lebih dari 2 bulan.

Berikutnya, kepengurusan KONI KSB di bawah Ketua Umum Andi Laweng, SH., MH, menjabat kurang dari 2 bulan sebelum pelaksanaan Porprop XI NTB, sehingga perencanaan program kerja untuk Porprop belum bisa optimal.

Dari 35 cabang olahraga yang dipertandingkan, ungkapnya, KSB hanya mengikuti 29 cabang olahraga karena belum adanya kepengurusan pada beberapa cabang olahraga yang tidak diikuti. KSB tidak dapat bersaing untuk merebut medali pada cabang olahraga tersebut.

Atas beberapa masalah ini, Bupati Sumbawa Barat telah memberikan arahan kepada Ketua Umum KONI Kabupaten Sumbawa Barat, untuk segera mencari pola pembinaan jangka panjang terstruktur, terutama terhadap cabang cabang olahraga yang memperebutkan banyak medali pada ajang Porprop.

Baca Juga  Dukung MXGP di Sumbawa, Menhub Bantu Pertebal Landasan Bandara

Pihaknya juga melakukan evaluasi terhadap prestasi Porprop XI 2023. Kabupaten Sumbawa Barat menunjukkan progress yang yang cukup bagus dengan naiknya 1 peringkat dari Porprop sebelumnya.

Data statistik perbandingan Porprop X 2018 dengan Porprop XI NTB 2023 juga menunjukkan hasil yang cukup positif. Porprov 2018, KSB meraih 12 emas, 21 perak dan 51 perunggu. Sedangkan Porprov 2023 raihan medali meningkat signifikan yakni 24 emas, 35 perak dan 71 perunggu.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Sumbawa Barat, atas dukungan yang maksimal kepada KONI sehingga bisa berpartisipasi pada Porprop XI 2023. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Manajemen PT. AMNT yang turut membantu.

Demikian dengan semua atlet, pelatih dan official tim, Andy Laweng mengaku bangga karena mereka telah berjuang dengan hebat, dan berikhtiar dengan tulus, demi prestasi olahraga terbaik bagi Sumbawa Barat.

“Terimakasih juga kepada masyarakat Sumbawa Barat atas dukungannya selama ini, atas semua saran dan kritikan yang tentunya semua itu wujud kecintaan kita kepada Sumbawa Barat,” pungkasnya. (Red)

Related posts

RSUD Asy Syifa’ Mengucapkan Selamat HUT KSB Ke-18

ArkiFM Friendly Radio

Jangkar Jokowi NTB Siap Menangkan Jokowi di Pilpres 2019

Wartawan Diminta Kedepankan Berita Baik

ArkiFM Friendly Radio