NEWS

Mahasiswa KKN UNDOVA Gelar Sosialisasi Keamanan Pangan dan Pengolahan Produk Lokal Hasil Perikanan

Sumbawa Barat. Radio Arki – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Cordova (UNDOVA) di Desa Poto Tano, mengadakan kegiatan Sosialisasi Keamanan Pangan dan Pengolahan Produk Lokal Hasil Perikanan, Kamis (13/7).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Poto Tano tersebut, melibatkan ibu-ibu warga Desa Poto Tano yang tergabung dalam Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Gili Balu (POKLAHSAR Gili Balu).

Kegiatan sosialisasi ini sejalan dengan tema besar KKN UNDOVA tahun 2023, yaitu Kolaborasi Pengembangan Ekonomi dalam Mewujudkan Desa Mandiri di Kabupaten Sumbawa Barat.

Ketua KKN UNDOVA Desa Poto Tano, Indra Dwi Herfiansyah mengatakan bahwa, kegiatan sosialisasi ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa dalam upaya membantu pengembangan usaha produk-produk lokal di Desa Poto Tano.

Baca Juga : https://arkifm.com/29712-mahasiswa-kkn-undova-dorong-tingkatkan-kualitas-produk-ikm-di-poto-tano.html

“Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada para pelaku UMKM agar menjaga keamanan pangan sehingga produk yang dihasilkan tetap aman, higienis, dan bermutu,” katany.

Diketahui, adapun narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini adalah Deswi Dianti, SN, Spt., M.Si selaku Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat.

Deswi memaparkan bahwa, keamanan pangan menjadi hal yang mendasar dan sangat penting bagi semua produk makanan.

“Keamanan pangan sangat diperlukan untuk mencegah pangan atau produk dari kemungkinan tiga cemaran, yaitu biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu dan membahayakan kesehatan manusia apabila di konsumsi,” jelasnya.

Selain itu, Ia juga mengapresiasi mahasiswa KKN yang turut andil dalam membantu mengawal dan mengembangkan produk makanan khususnya hasil perikanan.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Poto Tano Adi Muliadi, S.Pd.I mengapresiasi kegiatan mahasiswa KKN UNDOVA yang telah menginisiasi dan melaksanakan kegiatan sosialisasi Keamanan Pangan ini, mengingat hal ini penting bagi pertumbuhan ekonomi Desa. (*)

Related posts

Respon Cepat Komisi II, Bulog NTB Dipastikan Turun Amankan HPP

ArkiFM Friendly Radio

Kesbangpol KSB Gelar Bimtek Pembinaan Kader Bela Negara

ArkiFM Friendly Radio

Ijin Operasional 24 Jam Alfamart di Sumbawa Barat Dicabut

ArkiFM Friendly Radio