NEWS

Mahasiswa KKN UNDOVA Dorong Tingkatkan Kualitas Produk IKM di Poto Tano

Sumbawa Barat. Radio Arki -Guna mendukung peningkatan kualitas produk dan strategi pemasaran bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Desa Poto Tano, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Cordova (UNDOVA) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Branding Produk, di Aula Kantor Desa Poto Tano Rabu (27/07).

Ketua KKN UNDOVA, Indra Dwi Herfiansyah mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi Branding Produk diselenggarakan berangkat dari adanya permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku IKM di Desa Poto Tano.

Permasalahannya bukan karena faktor modal dan memulai usaha baru saja, namun juga berkaitan dengan marketing, seperti bagaimana memasarkan produk dan membangun branding atas produk yang dihasilkan.

“Sebelumnya kami sudah melakukan survei kepada para pelaku IKM di Desa Poto Tano, dan rata-rata mereka mengeluhkan terkait pemasaran dan brand kemasan, maka menurut kami sosialisasi semacam ini penting dilakukan,” kata mahasiswa yang kini menjabat sebagai Presiden BEM UNDOVA itu.

Baca Juga : https://arkifm.com/29708-mahasiswa-kkn-undova-gelar-sosialisasi-keamanan-pangan-dan-pengolahan-produk-lokal-hasil-perikanan.html

Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap IKM yang ada di Desa Poto Tano menjadi semakin maju dan berkembang.

“Kita berharap dapat membantu para pelaku IKM untuk bisa membranding produknya, sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas dan dapat meningkatkan nilai jual produk,” ujarnya.

Untuk diketahui, adapun narasumber dalam kegiatan sosialisasi adalah Mulyana Triatmaji, selaku Koordinator Sentral IKM Kabupaten Sumbawa Barat.

Dalam pemaparannya, ia menekankan akan pentingnya pengembangan usaha seperti pemasaran dan peningkatan volume usaha. Menurutnya, produk yang dihasilkan sudah semestinya diberikan identitas agar bisa menembus pasar usaha dan diterima oleh semua kalangan.

Ia berharap agar nantinya produk-produk perikanan dari pelaku IKM bisa di produksi secara langsung di Kantor Sentral IKM KSB dan bisa sekaligus diperjual belikan, dengan catatan sudah memiliki brand kemasan.

Disatu sisi, Ketua Asosiasi Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Gili Balu (APGB) Juniarti berterima kasih kepada mahasiswa KKN UNDOVA yang telah memberikan pendampingan kepada para pelaku usaha di Desa Poto Tano.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Pemerintah Desa Poto Tano, Ketua APGB, Karang Taruna Desa Poto Tano, Ibu-Ibu PKK, ibu-ibu Poklahsar Gili Balu Desa Poto Tano dan Mahasiswa KKN UNDOVA dan UNRAM. (*)

Related posts

11 Orang Diamankan Pada Operasi Pekat

ArkiFM Friendly Radio

Warga Tepas Sepakat Blokade Truk dan Karyawan ke Bintang Bano

ArkiFM Friendly Radio

Pemda KSB Terus Matangkan Kesiapan Pemberian Vaksin Covid-19

ArkiFM Friendly Radio