ARKIFM

BRIDA KSB Gelar Seminar Diseminasi Anugerah Inovasi 2023

Sumbawa Barat. Radio Arki – Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (BRIDA KSB), melaksanakan seminar Diseminasi Anugerah Inovasi Daerah Tahun 2023, di Hanipati Resto, (31/7). Seminar Diseminasi Anugerah Inovasi Daerah Tahun ini selaras dengan tema Anugerah Inovasi Daerah, yaitu “Inovasi Berkelanjutan Mewujudkan KSB Baik Berlandaskan Gotong royong” yang mengambil semangat “KSB Baik Berlandaskan Gotong Royong”. 

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan Perangkat Daerah KSB, Lurah, Kepala UPTD Puskesmas, institusi sekolah tingkat dasar, menengah pertama, dan menengah atas, unsur komunitas, agen gotong royong penggiat literasi dan inovasi, unsur dunia usaha, unsur akademisi dan lembaga riset, serta unsur media massa, dengan total peserta lebih dari 250 orang,

Sekretaris BRIDA KSB, Dedy Damhudy M Khatim, SP.,M.Si mengatakan, landasan kegiatan seminar diseminasi adalah, karena adanya pembaharuan dalam tata kelola pemerintahan, pembangunan, pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, dan bidang lainnya, menuju kemandirian dan kesejahteraan daerah mewujudkan “KSB Baik Berlandaskan Gotong – Royong”.

“Untuk itu, diperlukan upaya inovatif Pemerintah Daerah KSB yang telah berkomitmen untuk membangun dan mengembangkan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) berbasis gotong royong,” kata dia, saat ditemui arkifm.com, di selah selah kegiatan.

Salah satu bentuk pelaksanaan kegiatan oleh BRIDA KSB, adalah pelaksanaan Anugerah Inovasi Daerah dan Seminar Diseminasi Anugerah Inovasi Daerah KSB Tahun 2023 sebagai salah satu sumber pasokan pengisian Indeks Inovasi Daerah (IID) yang dilaksanakan setiap tahun secara nasional.

“Karenanya, kegiatan Seminar Diseminasi Anugerah Inovasi Daerah menjadi media penyebaran dan diskusi hasil – hasil inovasi pemenang Anugerah Inovasi Daerah KSB Tahun 2023, kepada masyarakat ataupun kelompok kategoris, guna memberikan informasi, wawasan, serta memantik semangat inovasi masyarakat,” jelas Dedy. 

Sementara itu, Bupati Sumbawa Barat diwakili Asisten Administrasi Umum Setda, Supiarno S.Pt, MM, menilai pentingnya Seminar Diseminasi Anugerah Inovasi Daerah – Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2023, melibatkan  sejumlah peserta dari instansi lingkup Pemda KSB, dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, baik itu produk maupun jasa. 

“Inovasi yang hadir dengan gagasan serta ide baru. Kami harapkan mampu membuat suatu produk ataupun jasa pelayanan jauh lebih bernilai dan berkualitas,” tambahnya

Dalam kegiatan seminar kali ini, ada beberapa narasumber yang juara pada lomba inovasi dilibatkan dalam Seminar Diseminasi Anugerah Inovasi Daerah Tahun 2023 sebagai narasumber, diantaranya perwakilan RSUD Asy-Syifa dengan judul seminar “Sebar Pesona” (Sistem Barcode Pendaftaran, SPO, Pelaporan dan Aset) RSUD Asy-Syifa Sumbawa Barat.

Selain itu, ada perwakilan dari DPMPTSP dengan judul seminar “Layanan Helpdesk berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Studi Kasus: Aplikasi e-Helpdesk PTSP DPMPTSP. Ada juga narasumber dari Pemerintah Desa Tepas dengan judul seminar Gerakan ‘Pilar Sampul Baru’ berbasis Posyandu Gotong Royong pada Bank Sampah Berkah Desa Tepas. Sementara itu, ada pihak SMPN Satap Mataiyang menyampaikan materi dengan judul seminar “Pemilihan OSIS berbasis aplikasi web e-pemilos”. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Eks Karyawan Batu Hijau Siap Dukung Investasi di Sumbawa Barat

ArkiFM Friendly Radio

Menkes Sebut Puskesmas Jereweh Salah Satu yang Terbaik di Indonesia

ArkiFM Friendly Radio

Bupati KSB Layangkan Edaran ‘Wajib Subkotraktor Berkantor Diluar Site’

ArkiFM Friendly Radio