ARKIFM NEWS

Penerapan Inovasi ‘Lala’ Akan Gunakan Sistem Aplikasi

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sumbawa Barat, tidak ada henti hentinya melahirkan inovasi dalam rangka mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Beberapa inovasi yang sudah diterapkan, terus dilakukan beberapa perbaikan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi Disdukcapil. Seperti inovasi  Layanan ‘Les Anak Lo Akta’ atau disingkat ‘Lala’.

“Yang diperbaiki, pertama kami membuat regulasinya, SOPnya, membangun jejaring inovasinya seperti siapa berbuat apa, termasuk bagaimana batasan tugas dari Puskesmas dan Dukcapil,” kata Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dukcapil KSB, Hayatunnufus Wikamto, S.Kom.,M.Si, Jum’at, (8/9).

Semua item item yang diperbaiki nantinya, akan inklud dalam system aplikasi. Jadi penggunaannya beralih dari awalnya non aplikasi atau menggunakan WhatsApps menjadi menggunakan system aplikasi salam Dukcapil.

“Sebenarnya tahun tahun sebelumnya sudah jalan inovasi ini, cuma tidak ada yang memausukkan di sistem aplikasi salam Dukcapil. Oleh karena itu, tahun ini kita bangun inovasi ini lagi atau lala reborn, karena kami perbaiki sistemnya,” jelasnya.

Selain perbaikan system, Dukcapil juga kata dia akan menjadikan Puskesmas Jereweh untuk menjadi prototype dalam penerapan aplikasi ‘Lala’. Dinas Dukcapil bahkan pernah berkunjung ke Puskesmas Jereweh.

“Kami sudah kesana (Puskesmas Jereweh) guna kami melihat fasilitansnya, bagaimana orang orangnya, ternyata mereka siap. Insyaallah ini akan menjadi contoh bagi Puskesmas lainnya dalam penerapan inovasi ‘Lala’,” tandasnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Penempatan Tenaga Kerja di Batu Hijau Bakal Diperketat

ArkiFM Friendly Radio

Kades Jayadi Lepas Karateka Asal Manemeng Ikuti Kejuaraan Internasional

ArkiFM Friendly Radio

Pencarian Hari Ketiga, Korban Akhirnya Ditemukan