ARKIFM NEWS

Dishub KSB Upayakan Ada Tambahan Quota Taruna PTDI STTD

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa Barat (Dishub KSB), terus mengupayakan ada tambahan quota untuk calon teruna teruni asal KSB, di Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI)-Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) tahun depan.

“Kita akan ada adendum dengan pihak STTD untuk menambah quota dari 12 menjadi 30 untuk perjanjian 5 tahun pertama. Pak Bupati sudah tanda tangan, tinggal pihak STTDnya,” kata Kepala Dishub KSB, H. Abdul Hamid, S.Pd.,M.Pd kepada arkifm.com, Senin (11/9).

Sejauh ini quota KSB sebanyak 12 orang. Rinciannya pada tahun 2022 sudah ada 6 orang yang lulus, tahun 2023 ada 3 orang, sehingga diasumsikan tahun 2024 hanya 3 orang juga. Jumlah tersebut, kata dia, tentu masih sedikit jika dilihat dari animo masyarakat untuk ikut seleksi PTDI-STTD setiap tahunnya. 

“Minat masuk PTDI STTD cukup tinggi. Tahun ini saja ada 9 orang yang memenuhi syarat, meski yang lulus hingga akhir itu 3 orang. Itu juga karena quota kita tahun ini 3 orang,” ungkapnya.

Dengan ada addendum, lanjut dia, maka akan ada penambahan quota taruna taruni asal KSB tahun depan. Dari awalnya hanya 12 orang, menjadi 30 orang. Sehingga tahun 2024 mendatang, quota KSB bisa jadi 5 bahkan 6 orang.

“Makanya kita adendum dari 12 menjadi 30 orang sampai tahun 2026. Sehingga untuk seleksi tahun 2024, insyaallah quota kita bisa 5 sampai 6 orang,” ungkapnya.

Upaya penambahan quota taruna taruni STTD, kata dia, dilakukan sesuai kebutuhan daerah akan lulusan sekolah kedinasan perhubungan. Sejauh ini KSB baru memiliki pegawai sebanyak 2 orang yang berlatar belakang perhubungan, itupun baru di laut. Sementara untuk bagian darat dan udara belum ada satupun.

“Saat mereka pulang nanti bisa mereka kembali ke Dishub untuk penempatannya. Bisa juga diluar Dishub, tergantung kebijakan Pak Bupati karena mereka juga dibekali kepemimpinan umum dan telah melewati proses penyemaian calon pemimpin unggul,” katanya.

Untuk diketahui, Politeknik Transportasi Darat Indonesia adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung dibawah Kementerian Perhubungan. Politeknik ini menyelenggarakan 3 program Diploma III dan 1 program Diploma 4, yakni program Diploma IV Transportasi Darat, program Diploma III Manajemen Transportasi Jalan dan program Diploma III Manajemen Transportasi Perkeretaapian. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Penanganan Gempa NTB Dinilai Lamban, Kedatangan Jokowi Ditolak Mahasiswa

ArkiFM Friendly Radio

Audit Kerugian Negara, Kejari KSB dan Pemda Teken SKK

ArkiFM Friendly Radio

Pemda KSB Terus ‘Kejar’ Optimalisasi Bandara Sekongkang

ArkiFM Friendly Radio