NEWS

Kecamatan Poto Tano Dicanangkan Menjadi Wilayah Pengembangan Peternakan Intensif

( Keterangan :Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan, Jamilatun)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dinas Pertanian Peternakan mengatakan tengah mencanangkan pengembangan peternakan intensif di kecamatan Poto Tano. Pengembangan peternakan ini pasalnya akan dilakukan dengan model peternakan di kandang Komunal.

Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan setempat, Jamilatun kepada media ini, Rabu 4 Oktober 2023, kemarin.

“peternakan di kita (Sumbawa Barat.red), kebiasaan petani ternak itu masih banyak dengan cara tradiosional. Mereka melepas ternaknya secara bebas, hingga tak jarang mengganggu ketertiban umum ataupun masuk area perkampungan,” urainya

“salah satu solusinya adalah peternakan sapi ini harus dilakukan secara intensif yaitu dengan pembuatan kandang komunal, terutama di area kecamatan Poto Tano,” imbuh Milat, demikian ia akrab disapa.


Sebagai langkah awal pengembangan ternak intensif itu, pihaknya akan segera melakukan pemetaan potensi melalui Fokus Grop Diskusi. Dalam model pengembangan itu, kata Mila akan ada zonasi tentang dimana lokasi peternakan intensif ini akan dilakukman, khususnya di kecamatan Poto Tano.


Menurut Milat, peternakan dengan sistem kandang ternak komunal akan memberikan manfaat yang lebih besar daripada dengan cara tradisional. Karena bukan hanya untuk kepentingan keamanan, tetapi juga akan lebih ramah lingkungan dan dapat dikembangkan untuk menjadi pusat produksi pupuk.

“ada banyak nilai lebih dengan sistem kandang Komunal. Jadi kami berharap program ini mendapat dukungan banyak pihak, terutama petani.” Demikian, tutup Mila. (Iwenk/Radio Arki)

Related posts

Lagi, Desa Tepas Meraih Penghargaan Anugerah Inovasi Daerah Tahun 2023

ArkiFM Friendly Radio

Masuk Final Ajang Putri Cilik dan Putri Remaja NTB 2020, Ini Kata Ibu Nafisa

ArkiFM Friendly Radio

Tim Prabowo Sandi Optimis Menang Telak Di KSB

ArkiFM Friendly Radio