ARKIFM NEWS

HGN 2023, Bupati Paparkan Keberhasilan Program Merdeka Belajar

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin.,MM, menyampaikan pesan dan keberhasilan Program Merdeka Belajar yang telah dijalankan dalam empat tahun terakhir.

Bupati menekankan pesan yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terkait konsep Merdeka Belajar. Dalam pidatonya, Bupati mengungkapkan bahwa keberhasilan telah dicapai melalui serangkaian inovasi dalam dunia pendidikan.

“Pada tahun pertama Merdeka Belajar, kita berhasil menghapus ujian nasional, memberikan kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya,” kata Bupati, Kamis (30/12/2023).

Kementerian Pendidikan juga, lanjut dia, telah menerapkan Asesmen Nasional, fokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan. Sukses menciptakan lingkungan belajar yang memperhatikan kemampuan literasi, numerasi, dan karakter murid.

Tahun berikutnya, akan diluncurkannya Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini memberikan kemerdekaan kepada guru untuk mengembangkan kreativitas dan berinovasi sesuai dengan kebutuhan murid.

Pendidikan guru penggerak juga menjadi terobosan penting, yang mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata dalam dunia pendidikan.

“Bahkan secara nasional, kita mendekati pemenuhan target satu juta guru ASN PPK. Ini tidak hanya mencerminkan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga sebagai bentuk perhatian terhadap kesejahteraan para pendidik. Semua ini menjadi kado terbaik bagi para guru pada HGN Tahun 2023,” tambahnya.

Dengan keberhasilan Program Merdeka Belajar, Bupati berharap semangat inovasi dan semangat untuk terus berkembang di dunia pendidikan dapat terus ditingkatkan, menciptakan lingkungan yang mendukung dan mendorong keberhasilan pendidikan di masa depan. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Demo Tolak Jokowi Tiga Periode di NTB Kondusif, Kabid Humas Ucapkan Terimakasih

ArkiFM Friendly Radio

Pemira Unram Dikebiri, Fauzi: Demokrasi Kampus Tidak Lagi Sehat

ArkiFM Friendly Radio

Penonton Diimbau Gunakan Roda Dua dan Shutle Bus ke Lokasi Sirkuit

error: Content is protected !!