ARKIFM NEWS

KSB Peringkat Pertama Indeks Pembangunan Keluarga Se-NTB

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berhasil meraih peringkat pertama Indeks Pembangunan Keluarga (iBANGGA) tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2024.

KSB berhasil meraih nilai tertinggi dengan total skor mencapai 261 poin. KSB berhasil melampaui Kota Mataram dan Kota Bima yang masing masing berbagi tempat di posisi kedua dan ketiga, dengan total nilai 246 dan 241 poin.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) KSB, H. Tuwuh mengungkapkan, nilai tertinggi ini menjadi bukti nyata komitmen Pemerintah dalam meningkatkan kualitas kehidupan keluarga.

“Sebagai daerah dengan indeks pembangunan keluarga tertinggi, tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Sumbawa Barat yang akan mewakili NTB dalam kompetisi tingkat nasional,” kata H. Tuwuh, Rabu (27/3/2024).

Tuwuh menegaskan bahwa keberhasilan ini adalah hasil dari upaya komprehensif Pemerintah Daerah Sumbawa Barat dalam memprioritaskan pembangunan keluarga dan perlindungan perempuan serta anak.

Seiring dengan persiapan untuk kompetisi tingkat nasional, KSB optimis dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas kehidupan keluarga di tingkat nasional.

“Kami sedang menyiapkan persiapan untuk kompetisi tingkat nasional. Pemerintah provinsi memberikan waktu seminggu untuk menyusun dokumen pendukung yang akan menjadi bahan penilaian,” kata dia.

Saat ini DP2KBP3A sedang mengidentifikasi dan mengumpulkan dokumen pendukung lintas sektor Perangkat Daerah, yang masuk program prioritas dan inovasi, seperti di Dinsos, Distan, Disnakertrans, Diskoperindag dan Dikbud.

Sebagaimana diketahui, iBangga merupakan indikator penting untuk melihat tingkat keberhasilan dalam upaya membangun kualitas keluarga.

Untuk mengetahui tingkat keberhasilan atau kualitas keluarga, dapat dilakukan dengan mengukur kualitas keluarga melalui tiga dimensi utama, yaitu ketentraman, kemandirian, dan kebahagiaan keluarga. (Enk.Radio Arki)

Related posts

Kasus Positif Corona di NTB Bertambah Jadi Empat Orang

ArkiFM Friendly Radio

Kemnkeu Tahan Dana Desa KSB, Wabup Minta Jadi Evaluasi

ArkiFM Friendly Radio

Satgas RR Gelar Lomba Lari Marathon Menuju NTB Bangkit

ArkiFM Friendly Radio