NEWS

Tetap Adakan Program BLT DD Di Tahun 2024, Pemdes Seminar Salit Tetapkan 10 KPM

Keterangan : Kepala Desa Seminar Salit, Khairuddin sedang menyalurkan BLT DD kepada warga

Pemerintah Desa (Pemdes) Seminar Salit Kecamatan Brang Rea tetap mengadakan program Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT DD) di tahun 2024, dan menetapkan setidaknya 10 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setelah melakukan verifikasi dan validasi terhadap keberadaan Keluarga Miskin Ekstrim di wilayah setempat.


“Ini memang amanah aturan perundang undangan, tetapi untuk penerima BLT DD tahun 2024 hanya akan diberikan kepada keluarga yang masuk dalam kategori miskin ekstrim,” terang Kepala Desa Seminar Salit, Khairuddin, kepada media ini, Rabu 27 Maret 2024 sore kemarin.


“Untuk penerima 10 KPM tersebut dilakukan melalui mekanisme musyawarah desa, sehingga dipastikan penerima manfaat program itu telah sesuai kriteria penerima yang ditetapkan,”imbuhnya.


Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa, program BLT DD tahun 2024 sedikit agak berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana untuk penerima manfaat difokuskan kepada keluarga miskin ekstrim. Hal ini dimaksudkan untuk dapat membantu warga miskin untuk pemenuhan kebutuhan sehari hari. Terutama bagi mereka yang memang dikategorikan sebagai keluarga miskin ekstrim.


Program BLT DD untuk desa seminar Salit dilaporkan telah mulai disalurkan untuk tahap pertama, Rabu 27 Maret 2024 kemarin. Sedangkan untuk selanjutnya nanti akan disalurkan sesuai dengan tahapan penyaluran Dana desa.


Sementara itu, Wakil Ketua BPD Seminar Salit, Abdul Gafur mengatakan, akan terus mendukung program BLT DD tersebut, karena selain amanah aturan perundang undangan, sejumlah warga memang sepatutnya diberikan untuk menopang kebutuhan sehari hari.


“Program ini sudah empat tahun ini berjalan, kami sebagai BPD tentu selalu mendukung program tersebut. Karena memang telah menjadi kebutuhan masyarakat yang terus disesuaikan dengan ketentuan aturan yang ada, jadi kami berharap warga juga dapat memahami kalaupun ada perubahan penerima pada tahun ini,” demikian, ujar Gafur. (Adv/Iwenk. Radio Arki)

Related posts

Tingkatkan Kapasitas Aparatur, Desa Manemeng Gelar Pelatihan ‘Public Of Speaking’  

ArkiFM Friendly Radio

KOHATI: Harus Perhatikan Keterwakilan Perempuan di PDPGR

ArkiFM Friendly Radio

Desa Mataiyang Ikuti Lomba Hatinya PKK, PHBS, LBS dan Posyandu Keluarga

ArkiFM Friendly Radio