NEWS

Gandeng PT AMNT, Pemdes Kemuning Gelar Layanan Kesehatan Bagi Disabilitas dan Lansia

Keterangan : tim dokter dari Rumah Sakit Siloam melakuka pemeriksaan kesehatan lansia, di Desa Kemuning.

Skongkang. Radio Arki – Pemerintah Desa Kemuning, Kecamatan Sekongkang menggandeng PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) untuk menggelar layanan kesehatan bagi Lansia dan penyandang disabilitas.
Kegiatan yang digelar dalam bentuk layanan kesehatan reguler, Fisiotrafi dan Psikologi itu melibatkan Tim dokter dari Rumah Sakit Siloam dan juga Forum Disabilitas.


Dalam keterangan resminya, Selasa 11 Juni tadi pagi, Kepala Desa Kemuning, Erman Maulana, SIP mengatakan, kegiatan pemberian layanan kesehatan tersebut, merupakan tindakan nyata Pemerintah Desa untuk mendukung kelompok minoritas terutama penyandang disabilitas dalam menerima layanan kesehatan yang baik.


“Kelompok minoritas itu harus diberikan perlakuan khusus, agar mereka mau terlibat secara aktif dalam kegiatan sosial lainnya. Apalagi ini juga amanah Undang Undang, jadi kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak atas dukungannya, terlebih perusahaan (PT AMNT),” terangnya.


Program pendekatan layanan kesehatan tersebut, lanjut Erman dilakukan setelah mendengar aspirasi kelompok minoritas ini, terutama dari forum disabilitas di desa.


Ada banyak penyandang disabilitas dan lansia yang ikut serta dalam layanan tersebut, setidaknya 7 orang penyandang disabilitas, 22 pasien lansia yang stroke ringan, serta beberapa warga yang memiliki masalah Cidera sendi, otot dan tulang.


Menanggapi hal tersebut, ketua Forum Disabilitas Desa Kemuning (FDDK), Yari Ade Saputra mengungkapkan bahwa, kegiatan tersebut telah dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu pada bulan April dan 8 Juni lalu.


Program itu sesuai dengan tujuan FDDK yang memiliki visi untuk meningkatkan kesadaran, kesetaraan dan keadilan dalam layanan kesehatan bagi penyandang disabilitas. Karena dengan keterbatasan yang dimiliki, kelompok ini perlu mendapatkan perhatian penuh agar menjadi motivasi dalam kehidupan sosial.
“sejak dibentuk (FDDK) pada bulan Maret 2024, kita langsung menyusun program dan koordinasi dengan para pihak. Alhamdulillah responnya positif,,” ujarnya.


Sementara itu, wakil presiden bidang sosial kemasyarakatan, PT AMNT, Priyo Pramono, ditempat terpisah mengatakan akan mendukung penuh terhadap kegiatan tersebut, guna memastikan penyandang disabilitas memiliki akses yang setara ke layanan kesehatan, sehingga dapat beraktivitas dan memiliki taraf kualitas hidup yang lebih baik.


“inisiatif ini perlu kolaborasi yang berkesinambungan dari seluruh pihak terkait, termasuk Pemerintah,” demikian, Priyo. (Admin01. Radio Arki)

Related posts

Tersangka Kasus Perusda KSB Ditahan

ArkiFM Friendly Radio

DKPP KSB Jelaskan Mekanisme Pembagian Sampan Ke Nalayan

Resepsi Perpisahan Perdana, Kepsek Lily Inginkan Jadi Motivasi Dan Partisipasi

ArkiFM Friendly Radio