ARKIFM NEWS

Capai Tipe C, RSUD Asy-Syifa Kembali Targetkan Tipe B Berkat Manajemen Efektif

Sumbawa Barat, Radio Arki – RSUD Asy-Syifa, di bawah manajemen yang cermat dan inovatif, telah berhasil meraih status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe C.

Peningkatan status ini dicapai melalui pemenuhan berbagai layanan kesehatan dasar, termasuk spesialis bedah, spesialis penyakit dalam, spesialis anak, spesialis obstetri dan ginekologi, serta kebidanan dan kandungan. Selain itu, RSUD Asy-Syifa juga melengkapi diri dengan layanan spesialis penunjang seperti spesialis patologi klinik, spesialis radiologi, spesialis anestesi, spesialis rehabilitasi medik, dan spesialis gigi konservasi.

Dalam sebuah wawancara eksklusif di ruang kerjanya beberapa waktu lalu, dr. Carlof, Direktur RSUD Asy-Syifa, menyampaikan untuk mendapatkan status tipe C, Rumah Sakit harus memenuhi berbagai persyaratan layanan wajib.

“Kami telah berhasil menyediakan semua layanan tersebut dan lebih,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dr. Carlof menjelaskan bahwa RSUD Asy-Syifa saat ini memiliki lebih dari sekadar kebutuhan spesialis untuk tipe C.

“Sebagai persiapan menuju tipe B, kami telah menambahkan spesialis jiwa, spesialis THT, dan bahkan layanan jantung serta mata. Ke depan, kami berencana untuk menambahkan spesialis saraf, spesialis kulit dan kelamin, serta spesialis ortopedi. Selain itu, kami juga perlu menyediakan layanan sub-spesialis dari setiap spesialis yang ada,” ungkapnya.

Namun, peningkatan status Rumah Sakit tidak hanya bergantung pada jumlah spesialis yang dimiliki. Untuk meraih status tipe B, RSUD Asy-Syifa juga harus memenuhi persyaratan sarana dan prasarana. Salah satu tantangan terbesar adalah kapasitas rawat inap yang harus dua kali lipat dari tipe C.

“Dengan gedung yang kami miliki saat ini, kapasitasnya belum mencukupi. Namun, jika bangunan samping dapat dibangun, maka kebutuhan ruangan akan terpenuhi, memungkinkan kami untuk melengkapi persyaratan sebagai rumah sakit tipe B,” tambahnya.

Keberhasilan ini mencerminkan dedikasi dan kerja keras manajemen RSUD Asy-Syifa dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Dengan berbagai upaya yang sedang dilakukan, RSUD Asy-Syifa optimis dapat mencapai status tipe B dalam waktu dekat, memberikan pelayanan kesehatan yang lebih komprehensif dan berkualitas tinggi. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Firin –Fud Menang 100 Persen Di Desa Mataiyang

ArkiFM Friendly Radio

Operasi Pasar Gula Sasar Tiga Pasar Tradisional di KSB

ArkiFM Friendly Radio

Program ‘Kelas Kecil’ Akan Terus Berlanjut

ArkiFM Friendly Radio