NEWS

Satu-satunya Wakil NTB Dalam Program BRILiaN 2024, Desa Manemeng Optmis Juara

Keterangan : Suasana penerimaan tim pendamping program BRILiaN tahun 2024, di aula Desa Manemeng.

Brang Ene. Radio Arki- Desa Menemang Kecamatan Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat menjadi satu-satunya desa di NTB yang masuk nominasi sebagai 15 desa terbaik se-Indonesia dalam program BRILiaN, yaitu program kolaborasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Daerah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ngeri Sebeleas maret (UNS) dengan Bank Rakyat Indonesia.

Keterangan : Nominasi 15 Desa terbaik program BRILiaN,

Setelah melakukan berbagai tahapan yang rumit untuk dapat masuk menjadi nominasi desa terbaik dalam program tersebut, Desa Manemeng kini mulai memasuki tahapan penilaian dan optimis dapat menjadi juara dalam ajang bergengsi tersebut.

“terima kasih dan selamat dating kepada tim pendamping program desa BRILiaN, semoga ini dapat membawa kebaikan buat seluruh Masyarakat kami. Kami sangat bangga dapat masuk dalam nominasi ini,” ujar kepala Desa Manemeng, Jayadi dalam sambutan saat penilaian program BRILiaN tahun 2024 di depan tim pendamping program, Selasa 9 September 2024 siang tadi, di Aula Kantor Desa setempat.

“untuk bisa berpartisipasi dalam program ini, bagi kami bukan hal mudah, sehingga bisa sampai di sini (nominasi) kami tentu sangat bersyukur dan kami optimis dapat menjadi yang terbaik,” tegasnya.   

Sementara itu, kepala Bidang ekonomi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sumbawa Barat, Rofingi mengaku sangat mengapresiasi inisiatif desa Manemeng untuk mau mengikuti program tersebut. Sebegai pemerintah daerah, bagi Rofingi capaian desa Manemeng sudah sangat luar biasa.

“Tugas kami adalah mendorong dan motivasi desa untuk lebih baik. Adanya program ini tentu akan menjadikan kami semakin optimis desa Manemeng dapat menuju kepada kemajuan yang lebih besar,” tukasnya.

Mewakili tim Pendamping Program untuk penilaian program BRILiaN, Wahyu Noviansyah, S.Pd., M.Pd mengungkapkan bahwa, dalam penilaian program tersebut juga akan dilakukan pendampingan tentang bagaimana upaya desa untuk dapat mengembangkan desa, terutama dalam kaitan pengembangan ekonomi Masyarakat desa.  

“Desa Manemeng dapat menginsipirasi desa lain dalam pengembangan desa kedepan. Untuk itu, bukan hanya penilaian yang akan dilakukan, tetapi pendampingan secara intensif selama empat hari kedepan juga menjadi point penting dalam program ini,” ujarnya.

Hal senada dengan tim pendamping program BRILiaN, Kepala BRI Cabang Pembantu Taliwang, Sugeng Prayitno mengatakan bahwa, program ini diharapkan dapat memberikan dampak signifikan bagi UMKM di Desa Manemeng dan sebagai pihak yang menginisiasi program ini, ia pun mengaku siap mendampingi desa Manemeng dalam pengembangan dan pemberdayaan ekonomi masayarakat desa setempat.    

 “Manfaatkanlah kehadiran tim pendamping untuk mengarahkan UMKM agar dapat berkembang dan bersinergi dengan BRI. Bukan soal siapa yang menang, tapi kita perlu maju bersama,” tukasnya.

Seperti dikutip www.bri.co.id Program Desa BRILiaN adalah program inkubasi desa yang diselenggarakan oleh BRI sebagai komitmen Bank BRI dalam mengembangkan potensi desa yang fokus pada kombinasi 4 aspek yaitu, BUM Desa : terdapat BUM Desa aktif sebagai penggerak ekonomi desa, Digital : Digitalisasi yang terimplementasi di desa, termasuk keuangan digital dan pemanfaatan produk-produk digital BRI, Innovation : Desa yang kreatif dalam memecahkan permasalahan kemasyarakatan dan sosial desa, Sustainability : Desa tangguh yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui sektor usaha unggulan desanya secara berkesinambungan.

Adapun manfaat mengikuti Program Desa BRILiaN tahun 2024 yang didapatkan desa yaitu, Pelatihan Online gratis untuk memajukan desa, Kapasitas dan Kapabilitas manajemen desa meningkat, pendampingan secara langsung bagi desa terpilih, berkesempatan mendapatkan hadiah hingga jutaan rupiah dan berkesempatan menjadi pemenang di Acara Nugraha Karya Desa BRILiaN. (Adv/Iwenk. Radio Arki)

Related posts

Hati-Hati Penyebaran Pupuk Palsu di Sumbawa Barat

ArkiFM Friendly Radio

Sampah dan Limbah Perusahaan Subkon di Maluk Dibuang Sembarangan ke TPA

ArkiFM Friendly Radio

Zainuddin Terpilih Sebagai Ketua PWI Sumbawa 2021-2024