ARKIFM

Bahas Pemanfaatan Internet, Ratusan Peserta Mengikuti Seminar Merajut Nusantara

“Kemudahan akses informasi dan komunikasi memberikan dampak positif dan negatif bagi masyarakat. Maka, mengetahui tentang pentingnya memanfaatkan internet sebagai media edukasi dan bisnis juga menjadi suatu hal yang perlu diketahui dan dipahami oleh pengguna internet”

Sumbawa Barat. Radio Arki – Ratusan peserta dari berbagai kalangan dan lintas generasi tampak antusias mengikuti Seminar Merajut Nusantara yang digelar di Ballroom Tambora Hotel Grand Royal Taliwang, Sabtu (27/5).

Dalam seminar yang digelar oleh DPR RI, bekerjasama dengan Kominfo dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Mengangkat tema tentang, pemanfaatan internet sebagai media edukasi, pendidikan dan bisnis di era generasi milenial dalam rangka sosialisasi redisain Universal Service Obligation (USO).

Ratusan peserta diberikan materi tentang pentingnya memanfaatkan internet dalam kehidupan sehari hari. Dimana internet bisa dimanfaatkan sebagai ruang untuk mengedukasi diri dan orang lain, serta sebagai media untuk melakukan bisnis.

Ratusan Peserta Seminar Merajut Nusantara saat foto bersama sejumlah narasumber usai mengikuti seminar. (Sumber : Enk)

“Kita bisa manfaatkan internet sebagai ruang untuk memperkaya khasanah keilmuan, karena kemudahan dalam mendapatkan informasi. Selain itu, keberadaan internet juga bisa mepermudah dalam memajukan bisnis yang digeluti”, Ucap H. Muhammad Syafruddin, ST.,MM, anggota DPR RI Komisi I dalam pemaparan materinya.

Ia menambahkan bahwa manfaat dari fasilitas tersebut (internet, red) membuat manusia mampu menjangkau informasi dengan cepat dan maksimal, sehingga bisa membuka dan mengembangkan usaha tanpa dibatasi waktu yang lama.

“Kalau kita menggunakan internet seperti ini, Waktu kita juga efektif dan bisa mendapatkan keuntungan dari kemudahan ini”, tambahnya.

Selain menjelaskan tentang pentingnya pemanfaatan internet, bang Rudy sapaan akrabnya, juga menjelaskan tentang pentingnya pemerataan jaringan teknologi dan informasi sebagai daya dukung pembangunan dalam berbagai sektor.

“Sebaran lokasi jaringan teknologi dan informasi seperti internet, berdasarkan lokasi wilayah sudah ada di NTB, termasuk di beberapa titik di daerah terpencil dan terpelosok di Sumbawa Barat. Selanjutnya, kemudahan mendpatkan informasi juga melalui RRI dan TVRI juga diharapkan merata di Sumbawa Barat”, Imbuhya.

Sementara itu, diakhir pemaparannya, Bang Rudy kembali mempertegas untuk bijak dan tidak bergantung kepada fasilitas internet. Keberadaan internet hanya sebagai daya dukung, sehingga kehidupan bisa lebih produktif di dunia nyata daripada dunia maya.

“Mari mengisi kemerdekaan dengan berkarya dan berhati hati menggunakan internet”, tegasnya.

Untuk diketahui, dalam seminar yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama juga dihadiri oleh beberapa narasumber. Selain pemateri dari komisi I DPR RI, H. Muhammad Syafruddin, ST.,MM, Pemaparan materi juga disampaikan oleh Gun Gun Siswanto dari Kominfo. Selanjutnya mewakili pakar dan pengamat, yakni pemateri dari Komisi Informasi NTB Najamuddin Amy, S.Sos.,MM dan Firmansyah, S.Kom.,Linux dari praktisi. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Purna Tugas, Hirawansyah Titip Pesan ASN Jaga Profesionalitas

ArkiFM Friendly Radio

Dorong KSB Bebas Riba, Da’i dan Pendamping TBA Diberi Pembekalan

ArkiFM Friendly Radio

KAHMI Serahkan Bantuan APD ke Sejumlah Daerah di NTB

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment