ARKIFM NEWS

Gubernur NTB Buka Festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus

Sumbawa Barat. Radio Arki – Di tengah tengah guyuran hujan yang cukup deras, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Zulkieflimansyah, SE.,M.Sc membuka secara resmi Festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus, tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat, di Lapangan Graha Fitrah Sumbawa Barat, hari ini (26/10).

Dalam kegiatan pembukaan Festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus NTB dimulai ditandai dengan penampilan tarian penyambutan Gubernur NTB. Kemudian dilanjutkan dengan Eksebisi tim Qasidah Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (Lasqi) Kabupaten Sumbawa Barat. Di akhir acara pembukaan festival ditutup dengan pawai ta’aruf dari perwakilan masing masing Kabupaten Kota Se NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati, SE. M.Sc.

Gubernur NTB dalam sambutannya menyampaikan bahwa, festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus merupakan festival yang bisa menyejukkan hati bagi mereka yang mendengar alunan nyanyi dan musik yang ditampilkannya.

Kontingen Festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus se NTB. (Sumber : Enk)

“Untung ada festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus, sehingga kita bisa merasakan keheningan perasaan yang luar biasa sejuk oleh hati kita”, Kata Zulkieflimansyah, disambut riuh tepuk tangan perwakilan kontingen masing masing Kabupaten Kota Se NTB.

Dalam festival yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Taliwang tersebut, Zulkieflimansyah mengharapkan, dengan adanya Festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus bisa menjadi penghibur di tengah tengah bencana yang telah melanda daerah Provinsi NTB.

“Mudah mudahan dengan semakin banyaknya kegiatan festival seperti ini, masyarakat akan disuguhkan dengan sebuah hiburan yang menenangkan bathin dan mampu menghilangkan trauma yang dirasakan oleh masyarkat akibat bencana gempa bumi yang melanda”, Harap Doktor Zul, sapaan akrabnya.

Sebelumnya, ketua LASQI KSB, Hj Hanifah Musyafirin dalam laporannya menyebutkan bahwa, yang juara pada festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus di KSB, akan mewakili Provinsi NTB untuk mengikuti kegiatan serupa di tingkat nasional. Ia juga menjelaskan beberapa tujuan digelarnya kegitan festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus yang di dapatkan oleh masyarakat yang mengikuti, maupun menyaksikannya.

Pawai taaruf dilepas oleh ketua Lasqi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati, SE. M.Sc. (Sumber : Enk)

“Banyak hal yang bisa kita dapatkan kala mengikuti festival ini. Diantaranya, pertama, mendorong masyarakat untuk mengenal, menghargai, serta memahami musik qasidah gambus. Kedua, mendorong dan memicu kreatifitas dalam mengembangkan musik qasidah rebana dalam mensyiarkan lagu islami melalui lagu qasidah. Ketiga, memasyarakatkan kesenian qasidah dan gambus untuk umum, sekolah, dan sanggar seni. Keempat, megembangkan ekonmi kreatif melalui seni qasidah. Dan yang kelima, menjadi hiburan untuk tetap bangkit dari trauma”, Jelas Hj. Hanifah.

Untuk diketahui, Kegiatan Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus tingkat NTB berlangsung dari tanggal 26 hingga tanggal 28 Oktober 2018 di Taman Tiang Nam Taliwang, yang diikuti oleh seluruh kabupaten kota di NTB. Pesertanya terdiri dari perwakilan, KLU dengan anggota 40 orang, Kabupaten Lombok Timur dengan anggota 35 orang, Kabupaten Lombok Barat dengan anggota 13 orang, Kota Mataram 15 dengan anggota orang, Kota Bima dengan anggota 50 orang, Kabupaten Bima dengan anggota 50 orang, Kabupaten Dompu dengan anggota 35 orang. Sementara untuk kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Lombok Tengah tidak berpartisipasi. (Adv/Enk. Radio Arki)

Related posts

Keberadaan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Akan Dimaksimalkan

ArkiFM Friendly Radio

Indeks Desa Membangun Desa Kokarlian Diharapkan Naik

ArkiFM Friendly Radio

Cegah Ilegal logging, Kodim KSB Lakukan Sweeping di Hutan Seteluk

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment