ARKIFM NEWS

Syaiful Muslimin Terima Penghargaan ASN Inspiratif Dari KEMENPAN RB

Jakarta. Radio Arki – Kementerian Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), memberikan penghargaan kepada 52 ASN se-Indonesia yang tercatat sebagai ASN yang menjadi inspirator di daerahnya masing-masing.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Auditorium Utama TVRI kemarin (10/12), dan dihadiri oleh Menpan-RB beserta jajaran Kementerian, Pengurus Korpri pusat, Para Kepala Daerah, dan seluruh nominasi ASN yang telah lolos sebagai ASN Inspiratif.

Dalam sambutan pertama Helmy yahya selaku ketua dewan juri dalam pemilihan ASN inspiratif tersebut menerangkan, serangkaian proses yang dilalaui oleh dewan juri, yang menurutnya sangat luar biasa dan mengharukan.

“Kami memberikan apresiasi yang luar biasa dan sangat terharu ketika menjalani proses penilaian dan datang ke daerah-daerah. Sungguh luar biasa dedikasi yang telah ditunjukkan oleh para ASN dan membuat kami terharu. Mereka telah menunjukkan dedikasinya melampui batas tugas normal dan memberikan dampak yang luar biasa sekali kepada masyarakat sekitarnya,” Ungkap Helmi yahya.

Helmi yahya yang saat ini juga diberikan kepercayaan dalam memimpin manajemen TVRI, menerangkan bahwa seleksi ini telah dilaksanakan secara berjenjang yaitu dengan cara disiarkan lewat media sosial, dan untuk kemudian Instansi atau masyarakat yang merasakan dampak dari inspirasinya tersebut mengusulkan kepada panitia untuk dimasukkan ke dalam peserta ASN inspiratif dan selanjutnya dinilai oleh dewan juri.

Dari entri terkahir, tedapat sebanyak 23.815 orang ASN yang di usulkan oleh masing-masing daerah untuk di nilai oleh dewan juri. Dari jumlah tersebut kemudian mengerucut menjadi 1.000 orang, dikerucutkan lagi hingga 100 orang, dan akhirnya terpilih sebanyak 52 orang ASN Inspiratif seluruh Indonesia dan mendapatkan penghargaan dari Menpan-RB, terang Helmi Yahya.
Dalam kesempatan tersebut, Menpan-RB Syafruddin sangat antusias dan bersemangat dalam memberikan pidato sambutan.

Dalam pidato singkatnya, ia menerangkan bahwa saat ini terdapat sebanyak 4.300.000 ASN di Indonesia. Visi dari Menpan-RB adalah menuju Birokrasi kelas dunia dengan semangat revolusi mental. Negara saat ini memberikan perhatian yang sangat besar terhadap ASN.

Syaiful Muslimin bersama Helmi Yahya ketua dewan juri. (Sumber : Roy)

“Dari 23.815 peserta seleksi ASN Inspiratif, dan akhirnya terpilih sebanyak 15 ASN Inspiratif dan 10 PPT Pratama teladan diharapkan mampu memberikan pengaruh atas kepeloporannya dalam membangun Birokrasi kelas dunia”, Jelas Syafruddin.

Sementara itu, Syaiful Muslimin sebagai salah satu ASN Inspiratif yang berasal dari NTB, merasa terharu atas penghargaan yang diberikan oleh Menpan-RB kepadanya. Ia terpilih sebagai salah satu ASN Inspiratif, karena diusulkan oleh warga atas inovasi dan kreatifitasnya dalam menggalakkan masyarakat untuk mencintai kebersihan dilingkungannya. ASN yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Kelurahan Dalam Kecamatan Taliwang, secara tekun mengajak warganya untuk menjaga kebersihan, mengelola sampah melalui Kelompok Swadaya Masyarakat Komunitas Peduli Kelurahan Dalam yang disingkat Kompi Handal.

Inovasi tersebut dinilai berhasil karena telah sukses menjadikan sampah menjadi rupiah. Atas ketekunan dan kerja kerasnya tersebut, masyarakat menilai bahwa Syaiful Muslimin layak untuk diajukan sebagai peserta seleksi ASN Inspiratif tahun 2018.

Dalam kesempatan setelah menghadiri kegiatan di Gedung TVRI Jakarta, ditemui media syaiful sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa penghargaan tersebut sebenarnya penghargaan terhadap masyarakat yang dititipkan kepadanya. Ia merasa sangat berbahagia karena masyarakat berada di antara para ASN hebat seluruh Indonesia.

“Saya cukup bangga dan terharu, karena diantara para ASN luar biasa tersebut, ada saya di dalamnya. Tetapi walaupun begitu, penghargaan ini tentunya akan menjadi pendorong kepada diri pribadi saya untuk lebih meningkatkan kinerja dan pengabdian. Saya berharap kedepannya semoga ada calon ASN Inspiratif lainnya yang dapat di usulkan, dan perlu menjadi catatan bersama bahwa, harus ada koordinasi yang maksimal antar pemangku kebijakan. Karena seperti halnya dengan daerah lain bahwa mereka para penerima nominasi terbaik akan disuport dan didukung penuh dalam setiap tahapan seleksinya. Saya melihat banyak sekali ASN inspiratif di Sumbawa Barat yang layak di usulkan di tahun keberikutnya,” Tutup Syaiful. (Roy. Radio Arki)

Related posts

Ringankan Beban Masyarakat, Kodim Bima Gelar Pasar Murah

ArkiFM Friendly Radio

Lintas Alumni Hukum Unram Bima Dompu Gelar Bukber

ArkiFM Friendly Radio

Dugaan Penganiayaan, Oknum Penyelenggara Pemilu di Maluk Dipolisikan

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment