ARKIFM NEWS

Upacara Hari Juang Kartika : TNI-AD Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat

Sumbawa Barat. Radio Arki – Hari Sabtu (15/12) merupakan puncak Peringatan Hari Juang Kartika ke 73 tahun 2018 yang ditandai dengan Upacara peringatan. Upacara peringatan Hari Juang Kartika untuk wilayah Korem 162 WB dilaksanakan di lapangan Kemutar Telu Center (KTC) kompleks Kantor Bupati Sumbawa Barat (KSB) dengan Inspektur Upacara Danrem 162 WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos,SH.,M.Han.

Upacara Hari Juang Kartika yang diikuti seluruh anggota Kodim 1628 Sumbawa Barat, 1 SSK Yonif 742/SWY, 1 SSK Brimob dan Polres KSB, 1 SSK gabungan Satpol PP, Dishub dan Basarnas, 1 SSK PNS Pemda KSB dan 1 SSK gabungan anak-anak sekolah.

Usai pembacaan Amanat Panglima Besar Jenderal Sudirman, Danrem kemudian membacakan amanat Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa. Dalam amanatnya, Kasad menyampaikan tema peringatan Hari Juang Kartika kali ini mengangkat tema “TNI AD Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat” sangat tepat merepresentasikan komitmen prajurit TNI AD dalam mengemban amanat perjuangan rakyat.

Dijelaskannya, peristiwa Palagan Ambarawa dalam Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia menunjukkan kesemestaan perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda serta masyarakat Ambarawa melawan kekuatan Kolonial Belanda. Semangat patriotisme dan nasionalisme yang dibungkus dengan keberanian, keikhlasan serta kerelaan berkorban dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, mampu menghantarkan para pejuang bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Selaku generasi penerus wajib menjadikan semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat sebagai pendorong pengabdian dalam menghadapi tantangan tugas masa depan yang semakin kompleks serta dinamis,” Ucapnya.

Mengakhiri sambutannya, Kasad meminta agar momentum peringatan Hari Juang Kartika, dimanfaatkan untuk melakukan instropeksi serta koreksi diri agar kedepan mampu mewujudkan TNI-AD yang kuat, tangguh, modern dan profesional.

Setelah pelaksanaan upacara peringatan Hari Juang Kartika yang merupakan HUT TNI AD ini diakhiri dengan Demonstrasi Defile yang dilaksanakan oleh seluruh pasukan upacara. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Dinas Dikbud KSB Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda

ArkiFM Friendly Radio

KPU KSB Lantik 40 Anggota PPK

ArkiFM Friendly Radio

Momen Harlah KSB, Pemda Suguhkan Pameran Pembangunan

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment