Penempatan Tenaga Kerja di Batu Hijau Bakal Diperketat

0

 

Sumbawa Barat.Radio Arki- Angkatan pencari kerja di Sumbawa Barat memang terbilang cukup tinggi. Untuk itu dibutuhkan pengawasan yang ketat agar tidak ada ekspansi tenaga kerja luar ke Sumbawa Barat, terutama di lingkungan tambang Batu Hijau. Dan ini memang menjadi perhatian serius dan bakal diperketat oleh Dinas Tenaga Kerja Sumbawa Barat.

Demikian diterangkan Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja di Dinas Tenaga Kerja Sumbawa Barat, Taufik Hikmawan, kepada insan media, selasa 8/11 sore.

“penempatan tenaga kerja itu penting untuk melihat bagaimana sebaran ketenagakerjaan di salah satu perusahaan. Data ini tentu akan menyangkut kepada tindakan antisipasi dinas teknis terhadap potensi tindakan pelangggaran ketenagakerjaan. Jadi butuh kerja ekstra untuk mengawasi tahapan ini,” tegasnya

Ekspansi ketenagakerjaan dari luar Sumbawa Barat khususnya di lingkar tambang batu Hijau memang sudah menjadi rahasia umum, lanjutnya, untuk itu akan ada system pengawasan yang ketat nanti dalam posisi PT AMNT beroperasi.

Ia mencontohkan, persoalan pekerja  di PT Trakindo Utama Batu hijau. Ada berapa karyawan di perusahan sekelas PT Trakindo yang ternyata didatangkan dari luar. Buktinya ketika ditanya tentang AKAD, perusahaan tidak bisa menjawab. Dan wajar kalau perusahaan sangat sensitive ketika pemerintah bicara tentang kewenangannya terhadap pekerja tersebut.

“tenaga kerja tanpa AKAD itu illegal. Jadi wajar pemerintah punya sikap. Dan itu memang akan mulai dilakukan kepada semua perusahaan,” timpalnya.

Lebih lanjut, ia membeberkan, ada sekitar 539 orang pencari kerja di Sumbawa Barat. Dan itu yang terdata melalui kartu kuning. Padahal kalau dilihat dari jumlah penduduk berdasarkan umur. Maka akan muncul angka yang lebih fantastis tentang angkatan pencari kerja di KSB.

“rendah kesadaran calon pekerja untuk mengurus kartu kuning. Untuk itu memang angkanya tidak sama dengan data seperti di BPS. Tetapi pemerintah akan coba maksimal untunk mengawasi penempatan ketenagakerjaan, karena bagaimanapun juga yang paling penting adalah angkatan pencari kerja di KSB bisa segera mendapat kerja” tutupnya. (US-ArkiRadio)

Leave A Reply