FH IISBUD – Lapas Sumbawa Tandatangani Kesepahaman

0

“Peningkatan SDM institusi sejatinya selalu dilakukan untuk dapat berpacu dengan kecepatan informasi dan pengembangan ilmu pengetahuan. Tak terkecuali Lembaga Pemasyarakat (LAPAS). Lembaga ini idealnya juga memiliki SDM yang mumpuni, terutama kemampuan di bidang hokum.”

Sumbawa. Radio Arki – Fakultas Hukum Insitut Ilmu  Sosial Budaya (FH- IISBUD) dan Lembaga Pemayarakat Sumbawa (LAPAS Sumbawa), Kamis (21/2) lalu, dilaporkan melakukan kerjasama dalam penguatan kapasitas kelembagaan dan pengutan hubungan antar Lembaga. Kerjasma itu pasalnya akan terus berlanjut, sehingga dalam kesempatan itu pihak FH IISBUD dan Kalapas Sumbawa sepakat untuk menandatangani kesepahaman (MoU) antara Lembaga.

Melalui Dekan FH IISBUD, Dianto, SH., MH menerangkan, penandatanganan kesepamahan itu, merupakan upaya untuk melakukan sharing atau berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman antara lembaga. Karena sebagai tempat pembinaan masyarakat tentu ada tuntutan bagi SDM didalamnya dapat mengetahui bagaimana dunia hokum kekinian.

“sebenarnya pada intinya tetap pada tridharma peruguruan tinggi, yaitu pendidikan, pengabdian pada masyarakat dan  penelitian. Nah, untuk itu kami anggap sangat strategis apabila Lapas juga dijadikan sebagai objek tersebut.” Terangnya, melalui rilis yang diterima media, Sabtu (23/2) pagi tadi.

“Bukan hanya itu, tetapi pihak Lapas sepakat untuk bisa memberikan kesempatan kulian kepada pegawainya.” Imbuhnya.

Sementara itu, kepala Lapas Sumbawa, DR. H. Lalu Jumaidi, SH,. MH mengatakan, kerjasama ini tentu sangat baik, dalam hal untuk membangun kemitraan strategis dengan setiap Lembaga, terutama perguruan tinggi. Karena dengan adanya kerjasama seperti ini, maka setidaknya ada kemudahan bagi pegawai dapat meningkatkan pengetahuan akademik. Apalagi ini juga dapa berdampak kepada status atau golongan kepegawaian.

“saya sangat mendorong pegawai saya untuk kuliah (di IISBUD). Selain itu kami juga akan membuka akses seluas luasnya bagi mahasiswa IISBUD yang ingin melakukan penelitian di sini (Lapas).” Ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil rektor I IISBUD SAREA, Rusmin, S.Pd.M.Pd yang juga juga hadir dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, ada banyak jurusan yang bisa terhubung dengan kepentingan Lembaga pemasyarakatan. Baik itu Ilmu Hukum, Ilmu Pemerintahan, Sosiologi, Sastra Indonesia, Ilmu Sejarah, Seni Tari dan Seni Musik.

“semua jurusan itu ada di IISBUD. Jadi kami harap kerjasama ini akan menjadi model kerjasama Lembaga yang dapat menguntungkan semua pihak.”tandasnya.

Selain menandatangani kesepahaman tentang kerjasama antar Lembaga, piihak IISBUD yang diwikili oleh, Dekan FH IISBUD, Wakil Rektor I IISBUD dan Kepala Prodi Ilmu Hukum, Nurmadia, SH.MH, juga melakukan kunjungan di area lapas Sumbawa untuk melihat bagaimana kehidupan kemasyarakatan di Lapas Sumbawa.  (Radio Arki. Admin01)

Leave A Reply