Kreatif, Siswa SDN 2 Maluk Sulap Sampah Jadi Karya Seni

0

Sumbawa Barat. Radio Arki – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Maluk, Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat memiliki program khusus dalam membina murid-muridnya. Selain program belajar mengajar, sekolah yang mempunyai 363 murid itu memiliki program Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) yang di mana program tersebut fokus kepada pengelolaan sampah.

Hermansyah, guru pencetus ide kegiatan tersebut menceritakan kepada wartawan www.arkifm.com mengenai kegiatan yang dilakukan satu bulan terakhir tersebut. Dimana progranm tersebut dibagi menjadi beberapa Item, diantaranya sedekah sampah, Ekobrik, Sampah Plastik, kreatif dengan sampah dan apotek hidup.

“Kegiatan ini kami fokus ke penanganan sampah. Kami melakukan ini berawal dari banyaknya sampah, sehingga kami dari pihak kesekolah melakukan kegiatan ini. Selain menciptakan kebersihan lingkungan sekolah, kami juga berharap dengan kegiatan ini siswa dan wali siswa sadar akan kebersihan lingkungan,” ucapnya.

Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari wali murid. Wali murid yang diwawancarai media ini mengatakan siap mendukung penuh kegiatan tersebut. “Ini kegiatan positif yang dilakukan pihak sekolah dan ini harus kita dukung sepenuhnya,” ungkap Kalsum salah satu wali murid.

Sementra itu, Muhamad Saleh S.Pd.SD selaku kepala sekolah SDN O2 Maluk
Mensuport baik kegiatan tersebut, disamping menyadarkan pendidik masalah Sampah juga telah menjadi isu nasional yang harus menjadi perhatian bersama.”Program ini tidak masuk dalam RKS Sekolah, sehingga tidak ada dianggarkan khusus. Kegiatan ini murni nenggunakan dana sendiri. Siswa merasa termotivasi, hal tersebut terbukti dari antusias siswa dan wali murid di kegiatan positif ini,” ujarnya.

“Yang mahal dalam kegiatan ini adalah kreativitasnya. Siswa menyerap arahan dari gurunya dan langsung dipraktekkan,” tukasnya. (Awie. Radio Arki)

Leave A Reply