HMI KSB Kumpulkan Dana Rp 5 Juta Untuk Muslim Rohingya  

0

 

Sumbawa Barat. Radio Arki-  Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sumbawa Barat, Jumat 25 November 2016 siang tadi, menggelar aksi simpatik dan penggalangan dana untuk muslim Rohingya, di Myanmar.

“ini adalah aksi simpatik kami, karena ini adalah kejahatan kemanusian yang perlu dukungan banyak pihak. Dan Alhamdulillah akhirnya kami mendapatkan Rp 5 Juta lebih untuk didonasikan kepada saudara kita Rohingya,” terang Koordinator Umum Aksi, Rian Hidayat, kepada www.arkifm.com melalui rilis resminya.

Dana bantuan yang berhasiil dikumpulkan tersebut, pasalnya akan disampaikan melalui sejumlah lembaga resmi untuk disalurkan kepada muslim Rohingya, di Myanmar. Sebut saja, seperti Zakat Center yang merupakan lembaga resmi yang rencananya akan memberikan bantuan kepada muslim Rohingya.

Menurut Rian, apa yang dilakukan di Myanmar terhadap muslim Rohingya tentu pukulan telak kepada muslim dunia, karena sejatinya tindakan itu harus dikutuk karena bukan hanya mengganggu perdamaian dunia, tetapi tetapi sebagai kejahatan kamanusiaan yang sangat keji.

“memang kita tidak melihat langsung kejadian itu, tetapi sejatinya sesama muslim, dengan berbagai informasi yang muncul maka sudah cukup syarat bagi dunia untuk mengecam kejadian tersebut,” tegasnya

Indonesia adalah Negara muslim terbesar didunia, lanjutnya, dan apa yang menjadi kejadian di Myanmar tentu jangan sampai terjadi Indonesia. Artinya perlu ada sikap tegas pemerintah. Bukan hanya pemerintah pusat tetapi juga pemerintah daerah, karena untuk menghindari aksi balik atau dimanfaatkan sebagai isu SARA oleh berbagai kalangan karena kesalahpahaman, maka sangat penting memberikan pemahaman yang utuh tentang Islam sebagai agama yang damai.

“semua kita pastinya mengutuk itu (kejadian Rohingya). Tetapi jangan sampai isu ini dimanfaatkan oleh oknum kelompok untuk memecah belah dan membuat konflik kita diindonesia, ataupun di Sumbawa Barat,” tegasnya

Dalam penggalangan dana dan aksi simpatik yang digelar HMI Cabang Sumbawa Barat ada beberapa sasaran dan titik aksi, diantaranya adalah komplek perkantoran Kemutar Telu Center (KTC). Selain itu, HMI cabang Sumbawa Barat rencananya akan menggelar aksi penggalangan lanjutan sampai pada tanggal 2 Desember mendatang dan melibatkan Forum Komunikasi OSIS (Forkosis) Sumbawa Barat.

“ini akan berlanjut, besok kita bersamaan dengan Forkosis. Dan kita harap ini akan mengundang simpatik public untuk minimal menyampaikan doa dan dukungannya terhadap muslim kita di Rohingya,” demikian, tutup Rian. (AB-ArkiRadio)

 

Leave A Reply