ARKIFM NEWS

Sistem Layanan Informasi Publik KSB Terbaik Kedua se-NTB

Sumbawa Barat. Radio Arki- Pelayanan sistem informasi publik pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat mendapat apreasiasi dalam ajang penganugrahan Komisi Informasi Publik Nusa Tenggara Barat (KIP NTB). Ajang bergengsi tahunan tersebut, menempatkan Kabupaten Sumbawa Barat sebagai juara kedua  atas prestasinya memberikan layanan informasi publik kepada masyarakat.

Atas penghargaan tersebut, Sekretaris Daerah selaku Atasan PPID Utama KSB, A.Azis,SH.,MH, mengapresiasi capaian dan komitmen PPID Utama dan PPID Pelaksana KSB, yang telah melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 14 tentang KIP.

“Hal ini saya dedikasikan selaku Sekretaris Daerah sekaligus menjadi Atasan PPID Utama (Kabag Humas dan Protokol), karena ini merupakan kewajiban kita sesuai Amanat UU”, ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah daerah Sumbawa Barat telah  menetapkan Perda Nomor 5 Tahun 2015 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Sehingga dengan Amanat Undang-Undang yang dikuatkan dengan peraturan turunan di daerah tersebut, maka ada kewajiban untuk bagi badan publik di tanah Pariri Lema Bariri tersebut untuk mempublikasikan , dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, sampai evaluasi program dan kegiatan pemerintah daerah.

Pimpinan birokrasi di lingkup pemeritnahan Sumbawa barat tersebut mengatakan, akan memberikan atensi lebih dan komitmen atas penghargaan tersebut, dan akan mensosialisasikan kepada setiap Kepala SKPD agar perlu pelayanan yang lebih baik terhadap penyajian sistem infomrasi publik di lingkup pemerintah daerah Sumbawa Barat

“Komitmen itu termasuk anggaran dan perencanaan untuk tetap meningkatkan keterbukaan, demi terwujudnya transparansi birokrasi dan pemerintahan.” tukasnya .

Penganugrahan Keterbukaan Informasi Publik tersebut adalah Agenda tahunan Komisi Informasi Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dimana Penganugerahan ‘Badan Publik Informatif Provinsi NTB III’ digelar pada Selasa (27/12/2016.red), di Hotel Lombok Raya, Mataram. Penganugerahan ini merupakan puncak penilaian atas impelementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Badan Publik. Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Ketua Komisi Informasi RI, dan PPID Utama masing-masing Kabupaten/Kota.

Hasil pemeringkatan kategori Badan Publik Kabupaten/Kota pada tahun 2016 adalah Terbaik I Kota Mataram, Terbaik II Kabupaten Sumbawa Barat, Terbaik III Kabupaten Bima dan Terbaik IV Kabupaten Lombok Utara. Hal ini merupakan capaian yang signfikan bagi KSB karena prestasi sebelumnya hanya mencapai Peringkat V.  (adv**)

 

 

 

Related posts

Bupati Tawarkan Tanah Pribadi di Taliwang dan Brang Rea Kepada Warga Takris

ArkiFM Friendly Radio

Sandiaga Janji Bentuk Rukun Warga di Kampung Nelayan

ArkiFM Friendly Radio

Pendaftaran Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat Diperpanjang

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment