ARKIFM

Embung Bengkemah Jereweh Dipastikan Segera Diperbaiki

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat memastikan embung Tiu Bengkemah yang terletak di Kecamatan Jereweh untuk segera diperbaiki.

“Kita pastikan embung tersebut segera diperbaiki,” tegas Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (PUPRPP) KSB, Amar Nurmansyah, ST.,M.Si, kemarin (13/5).

Embung yang sempat viral lantaran mengalami kebocoran beberapa waktu lalu, merupakan embung yang dibangun tahun 2019 lalu. Artinya, perbaikan embung Bengkemah masih menjadi tanggung jawab kontraktor pelaksana.

“Perbaikannya akan dilakukan rekanan yang mengerjakan proyek tersebut. Hal tersebut dikarenakan, bangunan embung masih dalam masa pemeliharaan,” terang Plt Kadis PUPRPP yang juga Asisten II Setda KSB tersebut.

Amar mengatakan, kerusakan yang terjadi pada embung tersebut, sudah diketahui oleh pihaknya dua Minggu sebelum viral di medsos. Bahkan, PUPRPP KSB sudah menurunkan tim untuk melihat dari dekat kerusakan embung.

“Tim kita sudah turun. Dan kita sudah langsung menghubungi kontraktor pelaksana, agar embung tersebut segera diperbaiki,” tegasnya kembali.

Kerusakan embung tersebut, kata Amar, terjadi dibeberapa bagian. Dinding embung mengalami kebocoran dan dikhawatirkan rentan ambrol. Debit air embung juga cukup besar, tentunya akan sangat membahayakan. 

“Ada beberapa titik embung yang mengalami kerusakan. Ada sekitar lima titik yang perlu diperbaiki oleh rekanan. Untuk perbaikannya, itu menunggu genangan airnya surut dulu,” tambahnya.

Terkait harapan masyarakat agar embung tersebut segera diperbaiki, yang jelas sudah direspons pemerintah. Salah satunya dengan meminta agar rekanan segera menyelesaikan kerusakan yang terjadi.

“Terhadap kerusakan itu tetap menjadi tanggungjawab rekanan. Itu memang harus diperbaiki agar bisa difungsikan sesuai peruntukan, yakni mendukung jaringan irigasi pertanian masyarakat setempat,” tandasnya. (*/Enk. Radio Arki)

Related posts

Fokus Kejar Kucuran APBN, Pemda KSB Tak Mau Bergantung Pemprov NTB

ArkiFM Friendly Radio

Dihibahkan BLK, Pemda KSB Sudah Siapkan Rencana Optimalisasi

ArkiFM Friendly Radio

Tingkatkan Pelayanan, Wabup Sidak Puskesmas Seteluk dan Poto Tano

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment