ARKIFM NEWS

SBSI KSB Sayangkan Spanduk Peringatan ‘May Day’ Dicopot Di Gate Benete PT AMNT

“ ada banyak cara buruh memperingati hari buruh internasional, aksi dijalan, renungan suci, dan termasuk pemasangan spanduk. Jadi sangat disayangkan apabila perusahaan yang mencopot atau merasa terganggu dengan pesan atau tuntut yang terpasang di atribut aksi tersebut.”

Sumbawa Barat. Radio Arki- Pemasangan spanduk di gate Benete tentang peringatan hari buruh internasional setiap tahunnya selalu mewarnai aksi peringatan kaum buruh di Batu Hijau, bahkan spanduk tersebut kadang terpasang berbulan-bulan. Tetapi sedikit berbeda pada peringatan hari buruh tahun ini.

Pasalnya, spanduk yang dipasang oleh sejumlah serikat pekerja dan serikat buruh tersebut, sebelum habis hari peringatan buruh itu (may day), atau hanya beberapa jam ternyata sudah tercopot oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Menanggapi prihal tersebut, Ketua DPC SBSI Sumbawa Barat sangat menyayangkan tindakan tersebut, setidaknya ini menunjukkan bahwa ada oknum di perusahaan tersebut, yaitu di Batu Hijau yang patut diduga tidak pro terhadap buruh, terutama tuntutan yang disampaikan pada peringatan tersebut.

“kami kutuk keras!, siapapun yang copot spanduk itu. Kalau oknum  perusahaan, maka kami nyatakan perusahaan telah melakukan upaya untuk menghalang-halangi serikat. Dan ini jelas melanggar aturan perundang-undangan.” Tegasnya, kepada www.arkifm.com, Selasa (2/5) siang tadi.

“salah satu tuntutan kami adalah Stop Union Busting!, atau pemberhangusan serikat. Jadi kalau ini terjadi, maka inilah tindakan yang  patut untuk diinvestigasi atau diselidiki.”timpal Iken, yang juga kesehariannya sebagai Advokat.

Menurut Iken, demikian ia akrab disapa, pemasangan spanduk oleh sejumlah serikat dalam hari peringatan hari buruh adalah hal biasa, dan merupakan momentum bagi buruh untuk menyuarakan ‘suara hati’nya. Jadi apabila ada oknum yang coba untuk menghalangi dengan mencabut spanduk tersebut, maka oknum tersebut adalah anti demokrasi.

“lucu saja kalau spanduk yang terpasang persis berdekatan dengan pos polisi di gate Benete PT AMNT,  terus copot tanpa ada yang tahu!.”tukasnya.

Seperti diketahui, dalam peringatan hari buruh internasional, Senin (1/5) kemarin, sejumlah serikat melakukan berbagai kegiatan untuk memperingati hari kaum buruh tersebut. Ada serikat yang melakukan aksi di Gate Benete PT AMNT, aksi solidaritas di Tuguh Syukur, dan ada juga yang sekedar memasang spanduk di beberapa titik strategis, termasuk di Gate Benete PT AMNT.  (Amroni. Radio Arki)

Related posts

MDMC KSB Gelar Simulasi Pertolongan Bencana

ArkiFM Friendly Radio

Aksi Jilid II Mahasiswa NTB Ricuh, 26 Mahasiswa Ditekuk, Lima Aparat Tumbang

ArkiFM Friendly Radio

Penemuan Mayat Telungkup Gemparkan Warga Labuan Lalar

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment