ARKIFM NEWS

Meter-an Listrik Terminal Taliwang Disegel, Ini Kata Pemda KSB…

Perubahan kewenangan sejumlah bidang dari pemerintah kabupaten kepada pemerintah provinsi ternyata masih berbuntut panjang. Salah satunya adalah pengurusan terminal tipe B.”

Sumbawa Barat. Radio Arki- Meter-an listrik terminal Taliwang telah disegel otoritas PLN Taliwang, karena belum membayar tunggakan pembayaran bulanan untuk aliran listrik yang menjadi kewajiban setiap pelanggan. Menanggapi prihal tersebut, kepala dinas perhubungan Sumbawa Barat, Mashur Yusuf, ST  mengungkapkan, akan segera mencari solusi atas persoalan tersebut, baik itu dengan membayarkan tunggakan itu,  dan juga berkomunikasi dengan pihak pemerintah provinsi.

“kita segera koordinasikan dengan pihak provinsi kaitan dengan persoalan ini. Menurut kita, terminal Taliwang adalah tipe B, maka secara automatis itu menjadi kewenangan provinsi, atau sekarang bisa dikatakan bukan lagi menjadi tanggung jawab kita di Kabupaten.” Bebernya, Senin (5/6) siang tadi.

Persoalan penunggakan pembayaran langganan listrik, lanjutnya, merupakan bagian dari persoalan yang tidak terpisahkan dalam konteks peralihan kewenangan. Sedangkan, saat ini proses tersebut masih terus berlanjut, pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi masih beda pemahaman berkaitan dengan beberapa hal tentang pengelolaan terminal Taliwang. Seperti tenaga kontrak, dan termasuk bagaimana kewajiban pengelolaan perlengkapan yang ada di terminal Taliwang tersebut.

“Proses transisi itu memang belum tuntas, makanya kewajiban pembayaran listrik juga belum dibicarakan.” Bebernya.

“jadi kita tidak anggarkan pembayaran listrik lewat APBD kita (Kabupaten), dan begitupun pemerintah provinsi juga tidak dianggarkan di APBD Provinsi. Karena, ketika aturan ini ditetapkan,  maka semestinya yang wajib bertanggung jawab adalah pemerintah provinsi.”imbuhnya.

Meski demikian, ia mengakui bahwa, untuk menangani persolan kebutuhan listrik di terminal Taliwang, pihaknya segera akan berkoordinasi dengan pihak PLN Taliwang, dan akan mencoba untuk menganggarkan pembiayaan listrik untuk tahun yang sudah berjalan tahun 2017 melalui APBD-Perubahan tahun 2017 Kabupaten Sumbawa Barat.

“memang proses transisinya belum tuntas, jadi segera kita akan anggarkan lewat APBD-P tahun 2017.” tukasnya.

Sementara itu, manajer PLN Ranting Taliwang yang berusaha dikonfirmasi media ini, belum memberikan keterangan apapun.  (Unang Silatang. Radio Arki)

Related posts

Menpan RB Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemda KSB Meningkat

ArkiFM Friendly Radio

Langgar Kode Etik, 6 Anggota Polres Sumbawa Barat Di Copot

ArkiFM Friendly Radio

Masyarakat KSB Diminta Perbanyak Konsumsi Ikan

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment