ARKIFM NEWS

Gandeng UMKM KSB, Alfamart Siap Pasarkan Produk Lokal

Foto: BM Alfamart Lombok saat menadatangani MoU dengan FK UMKM KSB. (Ist)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Alfamart ingin lebih memberikan kontribusinya pada masyarakat, bukan hanya untuk menyediakan kebutuhan masyarakat sehari-hari, tapi juga memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Salah satu yang dilakukannya yakni, mengadakan kegiatan pelatihan bagi pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM), sekaligus penandatanganan MoU dengan FK UMKM dengan tahap awal memasarkan 8 produk UMKM di 27 ritel se Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Branch Manager Alfamart Lombok, Sulardi, dalam sambutannya mengatakan, acara yang diselenggarakan itu bertujuan memberikan pengetahuan bagaimana membuat produk yang memenuhi standar edar, unik dan menarik minat pembeli.

“Potensi produk lokal belum tergali dengan maksimal dan masih dianggap sebelah mata. Apabila ada sektor private yang ikut mendukung, tentu para pengusaha kecil menengah akan sangat terbantu. Hal inilah yang menjadi inisiatif Alfamart untuk ikut berperan aktif,” kata Sulardi disela acara pelatihan, Senin (12/4).

Pihaknya yakin, potensi produk-produk binaan yang ada akan lebih diterima masyarakat umum, sehingga dari sisi ekonomis bisa lebih menghasilkan atau memberi nilai plus.

Alfamart sangat terbuka bagi produk-produk lokal, untuk bisa dipasarkan lewat toko-toko Alfamart. Tentunya ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi seperti izin PIRT, sertifikat halal, dan sebagainya.

“Ini yang kita coba bagikan kepada peserta pelatihan. Agar mereka mengetahui apa saja ketentuannya,” ujarnya.

Dengan tips-tips produksi yang diberikan oleh Alfamart, harapannya bisa memberikan pengetahuan bagi peserta. Materi yang diberikan sengaja di desain khusus bagi pengusaha kecil.

Bagaimana mereka bisa memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah dan perusahaan, sekaligus memanfaatkan jalur pemasaran agar usaha mereka semakin berkembang.

Sementara itu, Kabid Perdagangan pada Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan (Dikosperindag) dan UMKM KSB, Rahardian, M.Si, mengapresiasi kegiatan tersebut karena bisa mendukung pengusaha lokal untuk bisa makin maju.

“Kami menyambut baik inisiatif Alfamart untuk turut mengembangkan potensi pengusaha daerah, khususnya di wilayah Sumbawa Barat,” ujarnya.

Alfamart dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, sepakat jika hasil dari kegiatan ini nantinya bisa menciptakan sinergi dan integrasi kepada pengusaha-pengusaha kecil untuk bisa berkembang proses produksi dan jalur pemasaran.

“Karena ini merupakan langkah awal bagi pelaku usaha kecil untuk bisa memasarkan produk buatannya di beberapa toko Alfamart khususnya di wilayah Sumbawa Barat dan sekitarnya,” sambung dia.

Senada dengan Rahardian, Ketua Forum Komunikasi UMKM Kabupaten Sumbawa Barat, Nurhayati, mengatakan kegiatan yang dilakukan Alfamart tersebut mendapat respons positif dari para pelaku usaha mikro di wilayahnya.

“Saat ini terdapat 84 vendor UMKM yang tergabung bersama kami di KSB Mall,” terang dia.

Jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa Barat sendiri diperkirakan sebanyak 906 pelaku. Namun jumlah itu baru 109 yang memiliki no PIRT. Karena itu Forum UMKM mendorong pelaku usaha untuk mengurus izin, demi kemajuan usaha mereka. (Adv. Radio Arki)

Related posts

Tolak Tambang Semoan, RDP GMSBMK dengan DPRD Sempat Ricuh

ArkiFM Friendly Radio

Kabag OPS Polres KSB Pastikan Posko Terpadu New Normal Dimaksimalkan

ArkiFM Friendly Radio

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Mengucapkan Selamat Hari Pahlawan Nasional

ArkiFM Friendly Radio