ARKIFM NEWS

Mahasiswa KKN Unram Lakukan Pendataan Penduduk Berbasis Digital

Mataram. Radio Arki – Mahasiswa KKN tematik Desa Rembitan 2021, melakukan pendataan penduduk yang berbasis digital disertai sosialisasi internet sehat dan pembuatan website arsip surat sebagai upaya menuju Desa Digital.

Dalam realease yang diterima arkifm.com Kamis (5/8), Ketua kelompok KKN, Lalu Aldiara Elang Sakti mengatakan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik mahasiswa Unram berlokasi di Desa Rembitan Kecamatan Pujut Lombok Tengah, mengangkat tema Desa Digital.

Dijelaskan, Pemerintah Desa Rembitan selama ini melakukan pendataan penduduk dengan cara manual berupa hardfile, dan bisa dikatakan cara ini masih dirasa kurang efektif dalam membantu pelayanan masyarakat setempat.

“Untuk mempermudah perangkat desa mengatasi keterbatasan tersebut, maka mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram bersama pemerintah desa melakukan digitalisasi data penduduk di wilayah itu dengan cara menggunakan aplikasi penginput data,” jelasnya.

Selain melakukan pendataan secara digital, lanjut Elang, mahasiswa KKN Tematik Desa Rembitan juga melakukan sosialisasi internet sehat secara online sesuai protokol kesehatan, dikarenakan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diperketat oleh pemerintah.

“Kegiatan sosialisasi internet sehat secara online ini diharapkan membantu masyarakat dan perangkat desa setempat akan sadarnya pemanfaatan teknologi. Jika dilihat dari tatanan masyarakatnya, Desa Rembitan merupakan desa yang masih kental akan adat dan budayanya dan masyarakat setempat belum begitu melek akan teknologi,” katanya.

“Terlebih rembitan adalah desa binaan yang dilalui oleh sektor pariwisata yang sangat berkembang di daerah Lombok Tengah. Oleh karena itu, untuk mengembangkan potensi yang ada di Desa Rembitan, maka melalui pemanfaatan teknologi, potensi yang ada seperti pariwisata, pemasaran produk lokal dan sebagainya, diharapkan bisa berkembang pesat untuk perkembangan nilai ekonomi, nilai sosial dan budaya,” tambahnya.

Aldiara Elang menyadari, kemajuan era teknologi dan informasi memungkinkan seluruh sistem jaringan komunikasi saat ini mengalami digitalisasi. Platform digital menjadi sarana paling strategis dalam menyampaikan informasi, tak terkecuali mengenai pemerintahan dan potensi suatu desa.

“Maka dari itu, untuk menghadapi era yang semakin modern, terlebih karena Desa Rembitan sendiri merupakan Desa yang menjadi jalur utama pariwisata dan untuk mewujudkan ”Desa Rembitan menuju Desa Digital” beberapa tahun yang akan datang, maka dibulakalah pintu kesadaran masyarakat setempat untuk memanfaatkan teknologi secara maksimal,” ucapnya.

Untuk diketahui, KKN Tematik Unram melakukan kerjasama dalam upaya mendigitalisasi data penduduk dan Sosisalisasi Internet Sehat di Desa Rembitan bersama Pemerintah Desa Rembitan. Tim KKN Tematik Unram juga melanjutkan pembuatan website arsip surat dan pembuatan peta desa digital. Dimana mahasiwa KKN mengupgrade dari peta dasar desa 2019, menyesuaikan dengan perkembangan kondisi fisik desa saat ini dan dengan penambahan informasi untuk pengembangan pariwisata dan mitigasi bencana.

Dengan adanya website arsip surat dan peta digital tersebut, bisa menjadi langkah awal dalam menuju desa digital. Dalam hal ini perangkat desa dapat mengarsipkan surat – surat secara mudah dan cepat melalui website yang dibuat oleh mahasiswa KKN Tematik Unram Desa Rembitan itu sendiri.

Sementara itu, Kepala Desa Rembitan, Lalu Minaksa menyatakan bahwa, Program KKN Tematik Desa Rembitan 2021 ini sesuai dengan program desa yang sudah dibuat, yaitu menuju desa digital era 4.0. Mulai dari pembuatan data penduduk, pembuatan website arsip surat, serta sosialisasi internet sehat secara online di tengah pandemi covid 19.

“Maka dari itu kami pihak desa memberikan akses untuk mahasiswa KKN agar berkegiatan didesa kami tentunya dengan arahan dari perangkat desa,” tandasnya. (Rif. Radio Arki)

Related posts

Disnakertrans dan AMNT Akan Menggelar Pelatihan SIO

ArkiFM Friendly Radio

Nyelinap, Pencuri di Lotim Tebas Kepala Pemilik Rumah

ArkiFM Friendly Radio

Bripka Budiartha Raih Penghargaan Sebagai Bhabinkamtibmas Terbaik Se NTB

ArkiFM Friendly Radio