ARKIFM NEWS

Kapal Cepat di Dermaga F3 Poto Tano Mulai Beroperasi

Sumbawa Barat. Radio Arki – Hari ini Kapal Cepat KM. Tenggara Satu KSB Express yang beroprasi melayani rute dari Dermaga F3 Poto Tano ke Dermaga Labuan Lombok resmi beroperasi.

Perjalanan yang biasa ditempuh menggunakan kapal ferry selama 2 jam, kini bisa dipangkas dengan kapal cepat KM Tenggara Satu KSB Express dalam waktu tempuh hanya 40 menit saja.

Dirut Perusahaan Daerah (Perusda) Kabupaten Sumbawa Barat, Muhammad Rizal mengatakan, hari ini Bupati melaunching beroperasinya Kapal Cepat KM Tenggara Satu KSB Express.

“Dengan jarak tempuh 40 menit dan harga karcis 60 ribu, penumpang dengan muatan 200 orang sudah mendapatkan fasilitas kenyamanan ruang besih dan ber AC,” kata Rizal.

Dijelaskan, Kapal KSB Express merupakan milik PT. Surya Samudra Jaya Perkasa yang dulunya beroprasi dari Dermaga Benete ke Kayangan. Namun, setelah NNT di akuisisi oleh AMNT, kapal tersebut berhenti beroprasi.

“Setelah melalui diskusi panjang, akhirnya mereka setuju dengan niatan membantu masyarakat. Bentuk perjanjian kerjasama antara Pemda melalui Perusda KSB bagi hasil 10% dari keuntungan bersih,” jelas mantan Ketua KPU KSB itu

Untuk strategi marketingnya, kata Rizal, Perusda melakukan beberapa hal. Mulai dari sosialisasi melalui media sosial, hingga menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah.



Foto: Dirut Perusda bersama Ketua DPRD KSB, Ketua Organda NTB, Sejumlah pejabat dan wartawan saat menjajal kapal cepat KM Tenggara Satu KSB Express. (Ist)

“Misalnya ada pejabat yang melakukan perjalanan dinas, harus melalui Kapal cepat. Bahkan kita akan melakukan komunikasi kepada pihal pihak prusahaan lainnya,” tambahnya.

Sementara untuk target pendapatan ditahun pertama, Rizal tidak memasang target muluk muluk. Dengan bisa survive operasionalnya, itu sudah bagus. Karena di tahun pertama, butuh kerja keras. Bahkan mungkin masih juga butuh subsidi dari pemerintah.

“Harus diakui tahun pertama butuh kerja keras. Namun kami yakin, di tahun berikutnya kita sudah bisa berdiri sendiri. Bahkan bisa menjadi Sumber PAD Sumbawa Barat yang menjanjikan,” tuturnya.

Disamping itu, Pemerintah Daerah sangat mendukung keberadaan moda transportasi laut berupa kapal cepat. Dengan kemudahan akses transportasi, maka akan memberikan multiplayer efek yang baik bagi pembangunan daerah.

“Pemerintah daerah akan terus mendukung keberlangsungan kapal cepat dalam melayani masyarakat, karena keberadaan kapal cepat sangat peting untuk kemajuan daerah,” ungkap Bupati Sumbawa Barat, Musyafirin saat launching pelayaran perdana kapal Cepat KM Tenggara Satu KSB Express. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Kampanye Anies di Dewan Dakwah Dilaporkan ke Bawaslu

ArkiFM Friendly Radio

Kodim KSB Terus Lakukan Pendampingan Sergap dan Upsus Pertanian

ArkiFM Friendly Radio

Bupati Minta Dukungan Ulama Sentuh Warga Terima Smelter

ArkiFM Friendly Radio