ARKIFM NEWS

Festival Taliwang 2021 Angkat Tema ‘Isong Bale’

Sumbawa Barat. Radio Arki – Festival Taliwang tahun 2021, rencananya akan digelar tanggal 20 November 2021. Event pariwisata yang telah masuk kalender pariwisata nasional itu, akan mengangkat tema ‘isong bale’ atau angkat rumah.

“‘Isong bale’ merupakan tradisi gotong royong yang telah mengakar di Sumbawa Barat, dengan semangat saling membantu atau yang dikenal dengan istilah ‘basiru’. Tradisi ini akan menjadi tema atau konsep pada festival taliwang tahun ini,” kata Kepala Disparpora KSB, IGB Sumbawanto kepada arkifm.com, belum lama ini.

Sementara untuk lokasi kegiatannya, tetap akan digelar dibentiu atau lokasi pagelaran Festival Taliwang tahun 2019 lalu. Dipilihnya lokasi itu, karena konsep pelaksanaannya tetap akan menggunakan lumpur sebagai objek pementasannya.

“Lumpur itu icon Sumbawa Barat dan tidak ada di tempat lain,” jelas Sumbawanto.

Kegiatan festival kali ini juga, kata Sumbawanto, akan dihadiri oleh Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Kemenparekraf RI. Menparekraf sendiri yang mengatakan kesediaannya untuk hadir menyapa masyarakat Sumbawa Barat.

“Selain menyaksikan tarian lumpur, beliau (Menparekraf, red) juga ingin merasakan sensasi mengikuti karapan kerbau,” katanya.

Untuk para wisatawan yang ingin menyaksikan Festival Taliwang, kata Sumbawanto, akan dikoneksikan dengan para pengunjung yang akan menyaksikan world superbike di Lombok Tengah. Karena kegiatannya bertepatan pelaksanaannya.

“Ada paket wisata naik kapal cepat gratis dan berkunjung bayar. Jadi nanti, kita rangsang tamu tamu untuk datang ke Sumbawa Barat. Dan itu bertepatan di bulan yang sama dengan festival taliwang,” tandasnya. (Enk. Radio Arki) 

Related posts

Festival DBIP, Kepala Desa Se-Indonesia Bakal Datangi NTB

ArkiFM Friendly Radio

Demokrat KSB Dukung DPP Laporkan Media Indonesia

ArkiFM Friendly Radio

Ingin ke Eropa, Ternyata DPRD NTB Nunggak Kerugian Negara 2 Miliar

ArkiFM Friendly Radio