ARKIFM NEWS

Bulan Oktober, 16 Desa di KSB Gelar Pilkades

Foto: Ilustrasi

Sumbawa Barat. Radio Arki – Sebanyak 16 Desa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serempak di Bulan Oktober 2022 mendatang.

Untuk tahapannya di tingkat kabupaten sudah berjalan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) KSB, selaku leading sektor terkait, telah membentuk panitia Pilkades tingkat Kabupaten.

“Tahapannya sudah kita mulai. Insyaallah minggu ini, kami akan mengundang perwakilan 16 desa beserta kecamatannya, guna menyatukan persepsi,” kata Sekretaris DPMD KSB, Slamet Riadi, Senin (6/6).

Beberapa hal teknis akan dibahas dalam pertemuan tersebut, termasuk membahas bantuan keuangan khusus untuk mensukseskan pesta demokrasi di level desa itu.

“Pemerintah menyiapkan anggaran 2,2 Miliar, untuk Pilkades kali ini,” ungkap dia.

Ada banyak pihak yang dilibatkan dalam suksesi Pilkades, diantaranya TNI Polri, Pol PP, pihak kecamatan, pihak desa, serta semua stakeholder terkait yang dilibatkan, baik sebagai panitia dan pengawas.

“Kita juga menggandeng akademisi untuk mengawal kemungkinan ada calon lebih. Selain itu, akan ada tim advokasi yang akan mengawal proses dari awal sampai dilantik, termasuk mengantisipasi jika ada sengketa,” tuturnya.

Untuk mengadvokasi kemungkinan adanya sengketa, kata dia, panitia juga menyiapkan waktu 1 bulan untuk proses penyelesaiannya. Dengan akumulasi waktu, bulan Desember kades terpilih sudah dilantik.

“Jadi tidak ada PJ, karena masa jabatan kades sebelumnya, akan habis di tanggal 20 Desember 2022,” terang Sekretaris DPMD.

Seperti diketahui, 16 desa yang mengikuti Pilkades tahun inj diantaranya di Kecamatan Taliwang, ada Desa Batu Putih, Desa Temekan dan Desa Banjar. Kemudian di Kecamatan Seteluk, ada Desa Air Suning dan Desa Seteluk Atas.

Selanjutnya di Kecamtan Poto Tano, ada Desa Poto Tano. Di Kecamatan Brang Rea, ada Desa Sapugara Bree, Desa Beru dan Desa Bangkat Monteh. Sementara di Kecamatan Brang Ene, ada Desa Manemeng dan Desa Lampok.

Kemudian di Kecamatan Maluk, ada Desa Mantun, Desa Pasir Putih, Desa Maluk dan Desa Bukit Damai. Terakhir, di Kecamatan Sekongkang, pelaksanaan Pilkades ada di Desa Sekongkang Atas. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Bantu Masyarakat, Kantor Imigrasi Sumbawa Bagi Bagi Sembako

ArkiFM Friendly Radio

Kuasa Hukum : Ada Aktor Intlektual Dalam Pemaksaan Pembebasan Tanah Pasar Jereweh

ArkiFM Friendly Radio

Wisatawan Korsel  Mulai Lirik Lombok Sebagai Destinasi Wisata  

ArkiFM Friendly Radio