ARKIFM NEWS

Tahapan Pemilu Diluncurkan, Ketua KPU KSB: Dibutuhkan Kerja Bersama

Foto: Ketua KPU KSB saat memberikan sambutannya.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 telah diluncurkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di gedung KPU, Jakarta, (14/6).

Peluncuran tahapan Pemilu yang digelar secara virtual, disaksikan oleh KPU Kabupaten Kota Se Indoensia, via zoom meeting.

Khusus di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), kegiatan difasilitasi oleh KPU KSB, serta disaksikan oleh Forkopimda, pengurus Partai Politik (Parpol), Bawaslu dan Insan Pers, di Aula Hanipati Resto.

Ketua KPU Daerah KSB, Deny Saputra menegaskan, suksesi Pemilu bukan saja menjadi peran KPU, melainkan juga kerja bersama semua elemen masyarakat.

“Berhasilnya pemilu kedepan, bukan hanya kerja KPU saja, melainkan keterlibatan semua pihak seperti Pemerintah, TNI, Polri, Bawaslu, Parpol, media dan stakeholder lainnya,” katanya.

Keterlibatan berbagai pihak dalam kontestasi pesta demokrasi ini, kata Deny, dapat dilihat salah satunya dalam upaya memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Pendidikan politik hakekatnya adalah bagian yang tidak terlepas dari keberadaan parpol. Kami sangat berharap, dukungan Parpol dan berbagai elemen dalam mensukseskan pemilu 2024,” jelas dia.

Lebih lanjut, Deny menjelaskan bahwa peluncuran tahapan pemilu 20 bulan sebelum pemungutan suara, juga menepis isu yang beredar soal penundaan pemilu. Sekaligus menegaskan bahwa, KPU komit menyelenggarakan Pemilu di 2024

“Kita komit menyelenggarakan Pemilu serentak di tahun ini. Serentak tahun penyelenggaraannya, dimana yang telah ditetapkan adalah pemilihan legislatif dan pilpres, sedangkan pilgub dan pilkada digelar di November,” terang dia.

Kendati tahapan pemilu 2024 telah diluncurkan, namun tidak diikuti dengan mekanisme penyelenggaraannya. Saat ini, teknis penyelenggaraannya masih sedang disiapkan.

“KPU RI baru meluncurkan jadwal dan tahapan. Sementara PKPU terkait teknis sambil berjalan dan kami di penyelemggara menunggu itu untuk dipelajari bersama,” tandas Ketua KPU KSB. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Sumbawa Barat Dapat DAK Afirmasi Rumah Swadaya 125 Unit

ArkiFM Friendly Radio

Pemerintah Desa Mujahiddin Mengucapkan Dirgahayu Kabupaten Sumbawa Barat ke-20

ArkiFM Friendly Radio

Petahana Diprediksi Tumbang oleh Kekuatan Ketiga di Pilkada KLU

ArkiFM Friendly Radio