ARKIFM NEWS

BRIDA KSB Sosialisasikan Anugerah Inovasi Daerah 2022

Foto: Tampak ratusan peserta mengikuti sosialisasi.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), mensosialisasikan kegiatan Anugerah Inovasi Daerah, di Lantai III Gedung Sekretariat Daerah, Senin Pagi (29/8).

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh ratusan calon peserta Anugerah Inovasi Daerah, terdiri dari perwakilan 37 OPD, 9 UPTD Puskesmas, 7 Kelurahan dan 65 Desa, serta perwakilan Sekolah tingkat PAUD/TK, SD hingga SMP Se Sumbawa Barat.

Sekretaris BRIDA KSB, Syamsul Hadi, S.Pd mengatakan, kegiatan Anugerah Inovasi Daerah Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2022 digelar, untuk meningkatkan indeks inovasi daerah dan daya saing daerah.

“Inovasi dari 514 kabupaten kota secara nasional, KSB berada di urutan ke 171 dan masuk urutan inovatif. Namun belum masuk kategori sangat inovatif. Target kita di tahun 2023 masuk 20 besar. Ini bisa kita raih, jika semuanya bersinergi,” kata dia.

Disamping adanya target secara kalkulatif, pelaksanaan Anugerah Inovasi Daerah juga sebagai upaya mendorong peningkatan kinerja dan pelayanan, termasuk memberi motivasi sekaligus penghargaan kepada para inovator.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Setda KSB, Supiarno, S.Pd.,MM mengatakan, inovasi daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2017, tentang inovasi daerah.

“Dalam PP tersebut disebutkan bahwa, inovasi daerah bertujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. Dengan harapan, mempercepat perwujudan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peningkatan daya saing daerah,” jelas dia.

Untuk itu, sambung dia, melalui pelaksanaan Anugerah Inovasi Daerah mendorong seluruh perangkat daerah, baik itu ASN, OPD, lingkup Sekretariat Daerah, Kelurahan dan Pemerintah Desa, UPTD Puskesmas hingga sekolah mulai jenjang PAUD hingga SMP, untuk selalu berinovasi setiap tahunnya.

“Kedepannya, inovasi daerah yang telah atau output dari Anugerah Inovasi Daerah dininstansi masing masing, akan diikutsertakan ke level nasional seperti, Innovative Government Award (IGA), yang dilaksanakan oleh Kemendagri, Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik), dan kegiatan nasional lainnya,” tukas Asisten Administrasi Umum.

Seperti diketahui, Anugerah Inovasi Daerah Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2022, mengangkat tema ‘Terwujudnya KSB BAIK Melalui Inovasi Daerah yang Unggul dan Berkelanjutan’. Adapun kategori yang dilombakan meliputi, kategori pelayanan desa, kategori pelayanan sekolah dan kategori pelayanan daerah. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Antisipasi Terjadinya Bencana, Tim Siaga Disiapkan

ArkiFM Friendly Radio

Tetap Adakan Program BLT DD Di Tahun 2024, Pemdes Seminar Salit Tetapkan 10 KPM

ArkiFM Friendly Radio

PN Tingkat II Sumbawa Eksekusi Tanah Aset Negara Milik TNI AD

ArkiFM Friendly Radio