ARKIFM NEWS

Sasar Tenaga Pendidik, BRIDA KSB Gelar Bimtek Penyusunan Karya Tulis Ilmiah

Sumbawa Barat. Radio Arki – Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan karya tulis ilmiah, di ruang sidang Setda, Rabu, (6/3/2024).

Kegiatan bimtek melibatkan 2 orang tenaga pendidik masing masing Sekolah Dasar, serta masing masing 1 tenaga pendidik dan 1 siswa dari tingkat SMA dan SMP Se-Sumbawa Barat.

Kegiatan Bimtek dilaksanakan, dalam rangka melatih dan menumbuhkan minat tenaga pendidik di Sumbawa Barat dalam menulis secara sistematis dan benar.

“Bimtek penyusunan karya tulis ilmiah ini salah satu upaya kita untuk membudayakan budaya menulis di kalangan pendidik,” kata Kepala BRIDA KSB, Agus, S.Pd.,MM yang dikonfirmasi melalui Kabid Penelitian dan Pembangunan (Litbang) BRIDA KSB, Irfandi, S.IP, Rabu (6/3/2024).

Pelaksanaan bimtek ini, lanjut dia, seirama dengan kegiatan lomba penelitian yang selalu dilaksanakan oleh BRIDA setiap tahunnya. Dengan adanya Bimtek, maka akan menumbuhkan minat menulis masyarakat.

“Alhamdulillah respon peserta cukup baik. Dan memang sebenarnya kita sasar tenaga pendidik, karena mungkin ada guru yang tidak mendapatkan akses informasi terkait lomba penelitian yang akan kita laksanakan ini,” tambahnya.

Ia menyadari, minat menulis masyarakat masih butuh ditingkatkan. Oleh karena itu, BRIDA selain melaksanakan Bimtek, juga terus melakukan sosialisasi dengan turun langsung ke sekolah sekolah.

“’Disamping masyarkat juga bisa berkonsultasi dan bertanya langsung ke BRIDA, karena kami juga sudah menyiapkan Klinik Penelitian sebagai wadah konsultasi penelitian,” imbuhnya.

Sebagaimana tahun sebelumnya, kategori lomba penelitan meliputi kategori Karya Tulis Ilmiah Remaja (KTIR), Kategori Penelitian Tindakan Kelas (PTK), serta Penelitian Umum (PU) dengan kategori eksak dan non eksak.

Dengan adanya kegiatan Bimtek ini, BRIDA KSB berharap kepesertaan lomba penelitian tahun 2024 yang mengangkat tema ‘optimalisasi riset dan inovasi yang berkelanjutan mewujudkan KSB baik’ ini, bisa meningkat dari tahun sebelumnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

BAKESBANGPOL KSB Mengucapkan Selamat HUT DWP KSB ke 22

ArkiFM Friendly Radio

Disnakertrans KSB Dorong Perbanyak Program Pembinaan Daerah Transmigrasi

ArkiFM Friendly Radio

Meningkatnya Syarat Pengiriman Ternak, Berdampak Pada Harga Beli

ArkiFM Friendly Radio